banner 740x400

banner 740x400

2019, Disnakertran Natuna Latih 205 Tenaga Kerja

2019, Disnakertran Natuna Latih 205 Tenaga Kerja
Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna, Tasrif Amran, Kadisnakertran Natuna, H Hussyaini, para undangan dan peserta Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja. (Foto : Bernard Simatupang)


2019, Disnakertran Natuna Latih 205 Tenaga Kerja

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna, Tasrif Amran, menyampaikan kata sambutan. (Foto : Bernard Simatupang)

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan kali ini difokuskan pada penguasaan bahasa inggris yang diperuntukkan bagi mempersiapkan SDM yang memiliki minat untuk berperan sebagai pemandu wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung di Kabupaten Natuna.

Penguasaan bahasa inggris saat ini sangat penting, karena salah satu bahasa universal yang dapat dipahami wisatawan hampir dari seluruh negara.

Dengan kata lain, para peserta yang mengikuti pelatihan akan dipersiapkan sebagai ujung tombak penggerak sektor pariwisata.

Hal ini disampaikan Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna, Tasrif Amran, dalam sambutannya membacakan amanat Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, sekaligus menutup secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja “Bahasa Inggris Pemandu Wisata (Tour Guide)”, di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Natuna, Jalan Taruna, Kelurahan Bandarsyah – Ranai, Senin, (2/12/2019).

Melalui pelatihan ini, kata Tasrif, kedepan saudara sekalian peserta kegiatan dapat menjadi pemandu wisata yang handal dan pada gilirannya akan memberikan pengaruh pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

Tidak kalah penting, lanjut Tasrif, dalam peran saudara sekalian sebagai pemandu wisata nantinya, hendaknya dapat selalu memberikan informasi, serta sikap ramah yang tentunya menjadi jati diri masyarakat Kabupaten Natuna yang ramah, bersahaja, dan senantiasa menjaga nilai-nilai luhur warisan budaya masyarakat melayu.

Mendukung promosi daerah dengan selalu berupaya memperkenalkan berbagai khazanah budaya yang kita miliki, selain destinasi wisata yang akan terus kita benahi secara berkelanjutan.

“Semoga peran serta kita semua dalam segala bidang dan fungsi yang dijalani, dapat mengantarkan sektor pariwisata menjadi potensi unggulan yang akan mendukung kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Tasrif.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertran) Kabupaten Natuna, H Hussyaini, dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelatihan ini adalah untuk membekali dan meningkatkan kemampuan para pemandu wisata dalam berbahasa inggris.

Program ini juga mendukung pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia dibidang sektor pariwisata.

Dikatakannya, tahun 2019, Disnakertran Natuna telah melatih sebanyak 205 tenaga kerja di berbagai bidang unit kerja, bekerjasama dengan sejumlah Balai Besar Latihan Kerja di luar daerah diantaranya, BBLK Otomotif Bandung, BBLK Garmen Semarang, Pelayanan minum dan makan di BLK Bekasi, memasak makanan dan loundry di BBLK Padang, dan budi daya ikan hias di Rembang.

“Dan saat ini melaksanakan pelatihan bahasa inggris bagi pemandu wisata dengan peserta sebanyak 16 orang terdiri dari 10 orang pria dan 6 orang wanita, dengan masa latihan selama 2 bulan yang ditutup hari ini tanggal 2 Desember 2019,” ujarnya.

Hussyaini, menghimbau seluruh peserta pelatihan bahasa inggris yang telah memperoleh sertifikat kompetensi agar dapat memanfaatkan ilmunya dengan baik, dan berharap kepada para pencari kerja hendaknya tidak fokus kepada lowongan kerja yang ada, tetapi dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Selain itu, Ia juga berharap kepada para pengusaha melalui APINDO Kabupaten Natuna, agar ikut bersinergi mendukung perbaikan iklim ketenagakerjaan, menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, dan dapat menerima para lulusan BLK Natuna yang telah memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Turut hadir dalam kegiatan ini, para Asisten dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Ketua APINDO Natuna Jhoni Puas alias Phoa Tenghin, pengusaha Hotel, pengusaha Travel, dan pengusaha Wisata. (nard)

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna, Tasrif Amran, Kadisnakertran Natuna, H Hussyaini, para undangan dan peserta Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja, menyanyikan lagu Indonesia. (Foto : Bernard Simatupang)

Click to rate this post!

[Total: 2 Average: 1]

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan