banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

4 Warga Kalimantan Ditangkap, Saat Ngebom Ikan di Tambelan

4 Warga Kalimantan Ditangkap, Saat Ngebom Ikan di Tambelan
Empat warga Kecamatan Pemangkat, Provinsi Kalimantan Barat, ditangkap aparat Polres Bintan, TNI dan personil Satpol PP Bintan, karena melakukan tindak pidana illegal fishing pengeboman ikan di wilayah Kecamatan Tambelan. (Foto : Obet)


4 Warga Kalimantan Ditangkap, Saat Ngebom Ikan di Tambelan

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Empat warga Kecamatan Pemangkat, Provinsi Kalimantan Barat, berinisial HS, AM, IL, dan RS, ditangkap aparat Polres Bintan, TNI dan personil Satpol PP Bintan, karena melakukan tindak pidana illegal fishing pengeboman ikan di wilayah Kecamatan Tambelan, Selasa, (30/7/2019). Saat ini, pelaku telah diamankan ke Polsek Tambelan, untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang SIK M.Si, diminta keterangan membenarkan penangkapan ini. Pelaku, katanya, warga Kecamatan Pemangkat Provinsi Kalimantan Barat, yang selalu membuat resah para nelayan Tambelan Kabupaten Bintan.

”Pelaku sering melakukan penangkapan ikan dengan cara menggunakan bahan peledak. Aksi mereka sangat meresahkan nelayan kita,” ujar Boy Herlambang.

Terpisah, Kapolsek Tambelan, Ipda Misyamsu Alson, mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari pengaduan yang diterima, Senin, (29/7/2019). Jajarannya langsung turun melibatkan TNI dan personil Satpol PP Bintan.

”Selain menangkap pelaku, kita mengamankan satu unit kapal motor pompong, yang diduga akan melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak di Pulau Penyemuk, Desa Mentebung, Kecamatan Tambelan,” ujar Alson.

Saat hendak ditangkap, pelaku sempat melarikan diri ke Pulau Mentebung dan meninggalkan kapal pompong. Polisi langsung berkoordinasi dengan TNI dan Satpol PP, dan akhirnya pelaku berhasil diamankan.

”Pelaku kita amankan ke Polsek Tambelan, guna penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Barang bukti yang amankan, antara lain 1 unit kapal motor pompong ukuran 5 ton tanpa nama dan dokumen, 1 unit kompresor dan selang, 2 buah alat bantu pernapasan dalam air merek Ocean Divers, dan bahan peledak jenis Amonium Nitrate 3 karung, masing-masing 25 Kilogram.

Selain itu juga, diamankan bom rakitan, 2 buah detonator rakitan yang telah dipasangi sumbu, 1 unit GPS merk Furuno GP32, 1 unit Fishfinder (netsonde) merk Garmin 350c, 12 bungkus gaharu, 1 bungkus karet, 10 buah busa penutup botol kaca, 1 buah kayu untuk memasukkan detonator ke dalam botol, 3 unit HP merk Nokia, 2 buah baskom berisikan jerigen pencampur bahan peledak, 2 gulung tali rapia, 3 buah gayung ikan, serta lebih kurang 1 ton ikan hasil tangkapan menggunakan bom ikan. (Wak Bet)

Tags: , , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan