banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Abdul Haris, Sosok Pemimpin Ideal Kabupaten Anambas

Abdul Haris, Sosok Pemimpin Ideal Kabupaten Anambas
Abdul Haris SH sebagai Wakil Bupati Kepulauan Anambas Saat Menyerahkan Penghargaan Kepada Beberapa Guru di Tarempa. (Photo : Indra Gunawan)

ANAMBAS (SK) — Kita tak bisa memilih dengan siapa untuk jatuh cinta, Namun kita bisa memilih siapa yang patut diperjuangkan untuk jadi pemimpin. Abdul Haris adalah, putra tempatan yang layak untuk diperjuangkan menjadi Bupati Anambas lima tahun kedepan. Ia telah teruji selama lima tahun menjadi wakil Bupati Anambas mampu mengawal dan membawa Anambas lebih maju bersama Bupati terpilih Tengku Mukhtaruddin.

Kabupaten Kepulauan Anambas membutuhkan sosok pemimpin yang mengerti dan keinginan masyarakatnya secara nyata baik untuk kehidupan mereka pada hari ini dan juga di hari-hari berikutnya. Kabupaten termuda di Provinsi Kepri tersebut membutuhkan pemimpin yang merakyat dan bukan asal tampil menjadi seorang penguasa belaka. Hal itu tentu dimiliki oleh Abdul Haris, dibuktikannya selama menjabat sebagai wakil Bupati.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi Anambas, apabila pemimpinnya nanti tak paham dengan kondisi masyarakat Anambas. Masyarakat itu harus menjadi objek pembangunan, dan bukan subyek yang justru pada akhirnya mereka jauh dari arti sejahtera yang sebenarnya,” ungkap Abdul Haris di kediamannya Tanjung Momong, seraya mengatakan kebulatannya untuk maju sebagai salah satu calon Bupati.

Untuk itu, mantan anggota DPRD Kabupaten Natuna ini berkomitmen dengan masyarakat untuk bersama-sama berjuang dan membangun Anambas menjadi lebih baik. Hal tersebut imbuhnya tak terlepas dari kritik dan saran dari seluruh elemen masyarakat demi kemajuan Anambas kedepan yang bermartabat.

Guna mewujudkan komitmen pembaharuan dan kemajuan Kabupaten Anambas, Haris telah mempersiapkan program unggulan dibidang pendidikan berbasis agama.

Menurutnya, pendidikan agama penting untuk masyarakat Anambas, terutama ditingkat pedesaan. Politisi PPP ini menilai pendidikan agama ditingkat desa masih sangat tertinggal dibanding daerah perkotaan. Oleh karenanya, ia bertekad akan menata dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah yang lebih lengkap. Sehingga bisa lebih memiliki konsep modern yang berbasis agama.

Komitmen memajukan infrastruktur Anambas tak terlepas dari konsep Abdul Haris dalam membawa kemajuan dan pembaharuan untuk Kepulauan Anambas, seperti kemajuan ekonomi kerakyatan, meningkatkan akses transportasi dan telekomunikasi, kesehatan dan pendidikan segala aspek.

Untuk itu ungkapnya, pemimpin harus tanggap dan peka terhadap kondisi rakyat yang sebenarnya. Sehingga sebelum mereka menjerit karena tergencet oleh penderitaan hidup sehari-hari, pemimpin harus sudah mempersiapkan strategi untuk meminimalisir jika hal itu terjadi.

“Karenanya, tak hanya dibutuhkan seorang pemimpin yang cerdas saja. Tapi juga sosok yang berwibawa, bijak, berpengalaman dan mau ngerti dengan rakyatnya. Tidak hanya bisa membuka telinga dikepalanya. Tetapi juga cerdik dalam membuka telinga hatinya,” ungkapnya.

Anambas menyimpan potensi sumber daya alam yang sangat bagus baik dibidang pariwisata, perikanan, pertanian hingga hasil tambang minyak dan gas. Semua itu tegas Haris, sudah menjadi konsep kelolanya kedepan untuk membawa kemajuan Anambas.

Dalam penilaian Kepala Desa Ladan Abdul Hayan, wakil Bupati Anambas Abdul Haris, merupakan putra tempatan Kabupaten Anambas dan diyakini akan berjuang untuk kemajuan daerahnya. Ia berharap kedepan pemimpin Anambas mampu memberikan perubahan bagi masyarakat Anambas dari ketertinggalan terutama dibidang sarana dan prasarana pendidikan berbasis agama.

“Kalo masyarakatnya memiliki pengetahuan agamanya bagus, saya yakin daerahnya akan maju dalam segala hal. Ini menjadi tugas pemimpin kedepan untuk mengembalikan Anambas pada masa kejayaannya dahulu,” harap Hayan .

Nelayan desa Candi, Wan Isa, mengakui kecakapan kepemimpinan Abdul Haris untuk membawa pembaharuan dan kemajuan Kabupaten Anambas.

Ia mengakui selama lima tahun terakhir sosok Haris begitu dekat dengan masyarakat terutama di kalangan nelayan. Oleh karenanya menurut Wan Isa, nelayan Anambas sudah tidak asing dengan sosok Abdul Haris.

“Pemimpin kedepan tepatnya pak Haris. Kami berharap penuh dengan beliau agar dapat memperhatikan para nelayan. Kami menaroh harapan dan ketegasan jika beliau dipercaya menjadi Bupati Anambas, mampu memberikan rasa aman bagi nelayan dalam mencari ikan didaerah laut anambas,” cetusnya.

Pandangan terkait sosok Abdul Haris juga disampaikan Heri Hendriko, warga Desa Rewak, mengakui sosoknya tidak asing lagi, karena dinilai sangat mengerti dengan keadaan dan kondisi masyarakat Anambas, terutama dengan masyarakat miskin.

“Abdul Haris adalah ketua masyarkat miskin dan kami dapat merasakan perjuangannya, seperti rahabilitas rumah tidak layak huni dan lainnya,” tutur Heri.

Pemimpin sacara otomatis akan menyadari dirinya sebagai motivator penggerak, punya kreatifitas, inovatif dan selalu siap bekerja keras atas nama kepentingan rakyat dan tidak ada alasan politis dalam menjalankan kepemimpinan.

Segudang pengalamannya sebagai birokrat bisa menjadi modal bagi Abdul Haris untuk menata lagi Kabupaten Kepulauan Anambas, seringnya turun kebawah mendengar aspirasi masyarakat, juga menjadi pemicu untuk mengubah Anambas yang sarat dengan problematika menjadi lebih baik. (Indra Gunawan)

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

One Response

  1. Fenni2 Desember 2015 at 12:55 amReply

    Kami sangat mendukung sekali siapapun para calon bupati kabupaten anambas kedepan na….. Hanya 1 harapan kami jadikan lah kabupaten kami, kabupaten yang maju aggar kami anak daerah terasa nyaman dan tidak khwatir akan kabupaten kami sendri… Terutama di bidang ekonomi, pembagunan, dan komunikasi yang tidak jauh tinggal dari kota2\kabupaten yang libih tua dari kabupaten anambas ini…

    Kami mencintai Kabupaten Kami….

Tinggalkan Balasan