banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Aliansi “WARTAWAN ANAMBAS” Akan Gelar Lomba Menulis

Aliansi “WARTAWAN ANAMBAS” Akan Gelar Lomba Menulis
Aliansi Wartawan Anambas merencanakan akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Menulis, dengan tema “Ayahku Nelayan Yang Baik”. (Foto : Rohadi)


Aliansi “WARTAWAN ANAMBAS” Akan Gelar Lomba Menulis

SIJORIKEPRI.COM, ANAMBAS — Aliansi Wartawan Anambas, rencananya akan menggelar Lomba Menulis, dengan tema “Ayahku Nelayan Yang Baik”. Rencana itu dibicarakan dalam rapat Tim West Natuna Consorsium (WNC) yang kedua, yang dilaksanakan di Kedai Kopi Laihin, di Jalan Ponogoro, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas.

Demikian disampaikan Ketua Aliansi Wartawan Anambas, Asril Masbah, melalui Grup West Natuna Consorsium (WNC) berapa jam usai rapat, Rabu, (12/9/2018).

Menurut Asril Masbah, yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana, menyampaikan bahwa, rapat pertama dilakukan di Wisma milik Kan Kan, di Tanjung Desa, Tarempa Barat beberapa waktu lalu.

Tadi siang, lanjutnya, rapat dilaksanakan di Kedai Kopi Laihin itu, dan rapat kedua, persiapan lanjutan. Dalam rapat itu, kita sepakati membagi tiga koordinator untuk tiga sekolah.

“Untuk kegiatan di Kecamatan Siantan, di SMAN 1 Siantan, ditunjuk Lionardo, SH, yang juga sebagai Sekretaris Aliansi Jurnalis Anambas,” ungkap Asril Masbah.

Selanjutnya, kata Asril, untuk Kecamatan Siantan Timur, kegiatan di SMAN 1 Nyamuk, dikoordinir oleh dirinya sendiri, dan untuk Kecamatan Palmatak, kegiatan di SMAN 1 Palmatak, dan koordinatornya adalah Kadeni.

“Sedangkan pada rapat pertama, dibentuk Ketua, Sekretaris, dan Bendahara untuk disepakati. Dan semua kita wartawan yang ada adalah anggota panitia,” ungkapnya.

Untuk koordinasi awal, tambahnya, rapat sudah disampaikan sebelumnya melalui ketua FORJA dan Ketua IJA, melalui Grup West Natuna Consorsium (WNC).

“Kita bisa koordinasi lebih intens terkait progres berikutnya. Kita masih menunggu teman-teman maunya masuk dikelompok mana melalui koordinator masing-masing kecamatan,” tambahnya.

Ketua kordinator Kecamatan Siantan, Lionardo SH, mengatakan, kalau untuk kegiatan tersebut pada hari pelaksanaannya adalah, di Palmatak, pada tanggal 24 September 2018, Kecamatan Siantan pada tanggal 25 September 2018, untuk tanggal 26 di Siantan Timur.

Senada dengan Asril, menurut Lionardo, rapat tesebut dilaksanakan di Kedai Kopi Laihin, karena salah satu strategis rapat tersebut kami buat, adalah secara tidak lansung mensosialisasikan pentingnya keselamatan para nelayan tangkap lepas, khususnya daerah fital, seperti di daerah pengeboran minyak yang dibawah naungan SK Migas dan Metco Energi, Primir Oil, Setar Energy.

“Kalaupun kegiatan ini dilaksanakan beberapa pekan mendatang, didukung oleh tiga perusaan besar, yaitu PT SK Migas dan Metco Energi, Primir Oil dan Setar Energy,” ungkapnya.

Lanjut Lionardo, ada beberapa kriteria berita yaitu, kesesuaian naskah dengan tema lomba dan orisinalitas ide tulisan, kualitas/kedalaman pesan dan dampak dari berita, Gaya Bahasa/Penyajian dan struktur berita yang digunakan dan konten memiliki nilai informasi, Kualitas Sajian/Penggunaan bahasa dan kualitas konten.

Semntara ada enam ketentuan lomba yang harus diikuti, yaitu, peserta lomba adalah pelajar SMA, isi berita sesui dengan materi yang disampaikan oleh narasumber nanti, berita dibuat setelah mendengarkan pemaparan materi dari narasumber, berita dibuat dengan tulis tangan, Waktu penulisan berita hanya 30 menit saja, panjang berita satu halaman kertas A4.

“Format penulisan berita sesusai dengan Who – What – Where, When – Why – How atau dikenal dengan 5W+1H,” pungksnya. (rd)

 

Tags:
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan