banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Anak Walikota Tanjungpinang Dipenjara Lima Bulan

Anak Walikota Tanjungpinang Dipenjara Lima Bulan
Anak Walikota Tanjungpinang, M Apriyandi. (Foto : Net)


Anak Walikota Tanjungpinang Dipenjara Lima Bulan

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Anak Walikota Tanjungpinang, M Apriyandi, dipenjara 5 (lima) bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Senin, (24/09/2019). Vonis ini diberikan, karena Calon Legislatif (Caleg) asal Partai Gerindra Daerah Pemilihan Tanjungpinang Timur tersebut, terbukti melakukan praktik politik uang pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Selain vonis penjara, Majelis Hakim PN Tanjungpinang juga memutuskan M Apriyandi wajib membayar denda Rp 24 juta subsider 1 bulan kurungan dengan masa percobaan 10 bulan.

Sidang pembacaan putusan terhadap terdakwa ini dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Acep Sopian Sauri, dengan anggota Santonius Tambunan dan Edward P Sialoho.

Dalam amar putusannya, terdakwa M Apriyandi terbukti melakukan tindak pidana memberikan imbalan kepada calon pemilih secara tidak langsung, yang dilakukan secara bersama-sama.

”Terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana berdasarkan putusan hakim yang berkekuatan hukum tetap,” katanya.

Seperti diketahui, anak Walikota Tanjungpinang ini tersandung kasus pidana karena melanggar pasal 523 ayat 1 Jo Pasal 280 ayat 1 huruf J Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 e KUHP.

Ada pun aspek yang meringankan putusan terdakwa, majelis hakim mempertimbangkan, karena terdakwa koperatif dalam persidangan. Selain itu, terdakwa juga sopan selama proses persidangan berlangsung.

Sementara, aspek yang memberatkan putusan, terdakwa menodai proses demokrasi Pileg. Putusan ini jauh lebih tinggi dari tuntutan Jaksa penuntut umum (JPU), Zaldi Akri, yang menuntut terdakwa tiga bulan penjara. Terdakwa melalui penasehat hukumnya menyatakan pikir-pikir dulu untuk mengambil langkah selanjutnya. (Wak Zek)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan