banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Beli Bibit Ayam Potong Tidak Usah Jauh-jauh Lagi

Beli Bibit Ayam Potong Tidak Usah Jauh-jauh Lagi
PT Indojaya Agrinusa, perusahaan di bawah bendera JAPFA Grup, membuka usaha penetasan telur (Hatchery) di Desa Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan. (Foto : Wak Tar)

banner 740x400

banner 740x400


Beli Bibit Ayam Potong Tidak Usah Jauh-jauh Lagi
-Lokasi Penetasan Hadir di Bintan.

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Peternak ayam potong tidak perlu jauh-jauh lagi membeli bibit ayam ras pedaging (broiler). Pasalnya, PT Indojaya Agrinusa, perusahaan di bawah bendera JAPFA Grup, membuka usaha penetasan telur (Hatchery) di Desa Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini siap menampung permintaan puluhan ribu bibit ayam. Lokasi pembibitannya menggunakan lahan penetasan capai 4.3 hektar.

Saat ini, lokasi ini telah mulai beroperasi. Jika tidak ada aral melintang, Selasa, (23/7/2019), Bupati Bintan, Apri Sujadi, akan hadir dalam seremonial panen perdana bibit ayam potong yang dikelola perusahaan ini.

Manajer PT Indojaya Agrinusa, unit Hatchery Teluk Bintan, Suyud S.Pt, ditemui di lokasi penetasan telur Desa Tembeling Tanjung, mengatakan, kehadiran lokasi ini untuk mempermudah peternak ayam potong atau ayam ras pedaging, untuk mendapatkan bibit.

Selama ini, katanya, peternak membeli bibit ke provinsi lain, karena di provinsi Kepri belum ada penjualnya. Indojaya Agrinusa mencoba untuk meringankan biaya peternak.

”Dengan adanya lokasi penetasan bibit ayam potong di Bintan, kita berharap peternak akan mudah membeli bibit,” kata Suyud.

Tahap awal operasional di Bintan, perusahaan ini akan menetaskan anak ayam mencapai 54 ribu bibit. Jumlah ini, katanya, akan bisa melayani permintaan konsumen, terutama peternak ayam potong yang ada di wilayah Kepri.

”Untuk wilayah Provinsi Kepri, lokasi penetasan ini hanya ada di Bintan. Belum ada di daerah lainnya se Kepri,” tambah Suyud.

Kualitas bibit ayam potong yang dihasilkan PT Indojaya Agrinusa di Bintan, tidak kalah saing dengan bibit yang dihasilkan provinsi lain. Karena, lokasi penetasan telah disterilkan dari virus yang bisa merusak.

Bahkan, untuk memasuki lokasi penetasan, ada tahap yang harus dilalui. Tahap itu antara lain, memasuki pintu masuk lokasi, kendaraan harus dilakukan bio Security. Kendaraan akan disiram menggunakan cairan yang telah dicampur bahan kimia pembunuh virus.

”Hal ini dilakukan untuk membatasi jangan sampai virus luar masuk ke lokasi penetasan. Jika virut masuk, tentu bibit akan terserang. Karena itu, lokasi penetasan disterilkan,” terang Suyud.

Tidak saja kendaraan yang disterilkan, tapi orang pun mendapat perlakuan sama. Bahkan, jika ada yang hendak ke lokasi penetasan, harus bersedia tubuhnya dibersihkan dengan air yang telah disiapkan perusahaan.

Setelah dibersihkan, tidak langsung bisa mendatangi lokasi. Ia juga harus bersedia, pakaiannya dilepas dan diganti dengan pakaian yang telah disiapkan perusahaan.

”Sterilisasi ini untuk menghindari virus masuk ke lokasi. Dengan demikian, bibit yang dihasilkan akan berkualitas,” pungkasnya. (Wak Tar)

Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan