banner 740x400

banner 740x400

Bupati Natuna Sambut Baik “PERESMIAN PENGOPERASIAN” KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23

Bupati Natuna Sambut Baik “PERESMIAN PENGOPERASIAN” KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23
Bupati Natuna, Hamid Rizal, menyambut kedatangan rombongan personil KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23. (Foto : Bernard Simatupang)


Bupati Natuna Sambut Baik “PERESMIAN PENGOPERASIAN” KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23
– di Wilayah Operasional Lanal Ranai.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Menyadari kondisi strategis Kabupaten Natuna dengan luas wilayah 99 persen merupakan perairan yang berada di wilayah perbatasan, alur laut kepulauan Indonesia yang merupakan jalur pelayaran yang sangat ramai dengan potensi perikanan dan maritim yang sangat potensial, tentunya merupakan kekayaan negara yang harus dijaga dari berbagai ancaman yang ada.

Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, dalam sambutannya pada peresmian pengoperasian KAL Pulau Bungaran 28/II – 4 – 23 di Wilayah Operasional Lanal Ranai, Rabu, (15/08/2018) siang.

Dikatakannya, Kabupaten Natuna menjadi wilayah potensial dan sering terjadi pencurian ikan oleh nelayan-nelayan asing yang berasal dari negara tetangga, bahkan menjadi isu internasional, dimana klaim Republik Rakyat Tiongkok yang berusaha mengakui sebagian wilayah kita sebagai bagian dari daerah kedaulatan negaranya.

Untuk menyikapi isu internasional tersebut, kata Hamid, pemerintah pusat telahpun mengambil tindakan bagi meningkatkan sektor pertahanan militer, disamping berbagai sektor ketahanan ekonomi, berupa lima pilar percepatan pembangunan yang digulirkan Presiden Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Kita menyadari, lanjut Hamid, bahwa tugas Pangkalan Angkatan Laut Ranai dalam mengamankan batas wilayah di laut Natuna Utara sangat berat, mengingat luas perairan yang ada, sedangkan fasilitas pendukung masih sangat terbatas.

“Oleh karenanya, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna, sangat menyambut baik momentum ini, yaitu peresmian pengoperasian Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Bungaran 28/II – 4 – 23 sebagai salah satu armada pendukung pengamanan laut wilayah perairan Natuna Utara,” ujarnya.

“Semoga dengan keberadaan KAL Pulau Bungaran ini dapat lebih meningkatkan efektivitas operasi pengamanan laut batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kabupaten Natuna khususnya,” harapnya.

“Kondisi wilayah yang kondusif dan aman merupakan salah satu modal utama bagi kita bersama dalam mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah perbatasan sebagaimana perwujudan Nawacita Pembangunan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Natuna, Yusri Pandi, sejumlah pimpinan FKPD Natuna, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya. (nard)

Sambutan Bupati Natuna, Hamid Rizal, pada peresmian pengoperasian KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23. (Foto : Bernard Simatupang)

 

Bupati Natuna, Hamid Rizal, menghadiri acara peresmian pengoperasian KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23, di Wilayah Operasional Lanal Ranai. (Foto : Bernard Simatupang)

Click to rate this post!

[Total: 0 Average: 0]

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan