banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Coloured Stone, Inovasi “POKDARWIS DOMPAK”

Coloured Stone, Inovasi “POKDARWIS DOMPAK”
Coloured Stone di Tanjung Setumu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Dompak. (Foto : Dodi Igor)

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Dompak, patut dijadikan contoh bagi Pokdarwis di daerah lain, dimana banyak kegiatan yang dilakukan kelompok ini untuk menjadikan Dompak menjadi daerah wisata, seperti pembersihan pantai dan kegiatan lainnya.

Saat ini Pokdarwis Dompak membuat inovasi baru melakukan pengecatan bebatuan (Coloured Stone) yang sangat indah agar bisa dijadikan ajang selfie, maupun foto-foto bersama bagi pengunjung yang datang ke Tanjung Setumu, yang lokasinya di bagian barat penghujung pulau tersebut.

Ketua Pokdarwis Kelurahan Dompak, Dodi Igor, mengatakan, tujuan Pokdarwis mengecat batu pantai ini bukan untuk merusak atau vindalis, terapi melakukan pemanfaatan alam agar memiliki daya tarik.

“Ide ini saya gagas sendiri, dan menjadikan motivasi buat kawan-kawan, agar lebih meningkatkan rasa kepuasan dalam menciptakan karya-karya menjadi objek wisata. Kita sudah mendapatkan dukungan moril dari Lurah Dompak dan Dinas Pariwisata Kota,” katanya melalui WhatsApp, Sabtu, (17/02/2018).

Dodi membeberkan, pembelian cat dari dana iuran anggota Pokdarwis, sedangkan untuk tenaga, katanya, Alhamdulillah ada beberapa mahasiswa Stisipol yang ikut membantu dan mereka (mahasiswa, Red) ingin melakukan pengabdian di masyarakat melalui pengembangan objek wisata di Pulau Dompak.

“Masih ada beberapa perencanaan kita untuk mejadikan Tanjung Setumu ini lebih menarik lagi. Saya berharap semoga apa yang kami (Pokdarwis, Red) lakukan melalui industri pariwisata ini bisa bermanfaat serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” harapnya.

Lurah Dompak, Heri, ketika dikonfirmasi mengatakan sangat mendukung inovasi yang dilakukan Pokdarwis Dompak. Ia dukung Pokdarwis melakukan kegiatan-kegiatan lain untuk menciptkan Dompak menjadi destinasi wisata, termasuk di Tanjung Setumu, agar lebih dikenal masyarakat.

“Saat ini kelurahan juga lagi membuat terobosan-terobosan untuk menggandeng pihak swasta dengan pemanfaatan dana CSR,” katanya melalui seluler.

Sementara Kadisbudpar Kota Tanjungpinang, Reni Yusneli ketika dikonfirmasi,
melalui WhatsApp, menyambut baik inovasi yang dilakukan Pokdarwis Dompak tersebut, dan menyatakan sangat positif.

“Kreatifitasnya pantas dihargai, dan saya berharap akan muncul ide lain untuk membangun spot-spot wisata baru yang layak dijual dan dikunjungi wisatawan,” harapnya. (SK-MU)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

One Response

  1. Aprinaldi18 Februari 2018 at 4:13 pmReply

    VANDALISME.

Tinggalkan Balasan