banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Dandim Natuna : TMMD Bukan Sekedar Membenahi “DAERAH TERISOLASI”

Dandim Natuna : TMMD Bukan Sekedar Membenahi “DAERAH TERISOLASI”
Program Nasional TMMD yang saat ini sedang berlangsung di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)


Dandim Natuna : TMMD Bukan Sekedar Membenahi “DAERAH TERISOLASI”

SIKORIKEPRI.COM, NATUNA — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bukan hanya sekedar membenahi daerah terisolasi, terpencil, terluar, dan tertinggal, tetapi juga sebagai upaya mendekatkan diri dan berbaur dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Yusuf Rizal S.Sos, didampingi Pasi Intel Kodim 0318/Natuna, Kapten Inf Narta, kepada beberapa jurnalis di Ruang kerjanya, Makodim Natuna, Jalan Batu Basisir Bukit Arai, Jumat, (13/07/2018).

Meski terlihat sibuk dengan tumpukan sejumlah berkas di meja kerjanya, namun Dandim 0318/Natuna itu tetap ceria dan tersenyum ketika beberapa Media menyambanginya.

“Silahkan duduk”, ucap Letkol Infantri Yusup Rizal, lelaki jebolan Sarjana Sosial itu kepada awak media yang menyambanginya.

Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Yusuf Rizal S.Sos. (Foto : Bernard Simatupang)

Iapun mulai berbicara secara lugas di ruang kerjanya, terkait Program Nasional TMMD yang saat ini sedang berlangsung di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan program nasional. Sekitar 50 Kodim di seluruh Indonesia turut melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), dan ini nantinya akan diperlombakan.

“Jika pelaksanaan TMMD sudah selesai, nanti akan diadakan rapat evaluasi guna menentukan daerah mana yang terbaik dalam pelaksanaan TMMD tersebut,” ujar Yusuf Rizal.

Bukan itu saja, sebut Yusuf Rizal, bagi Jurnalis yang melakukan pemberitaan tentang pelaksanaan TMMD, karya tulisnya akan dilombakan. Siapa yang terbaik akan dijadikan sebagai pemenang di tingkat Nasional dan akan mendapat dana pembinaan.

“Selain tingkat nasional, Kodim 0318/Natuna juga akan memberikan penghargaan berupa dana pembinaan bagi media daerah yang menang,” jelasnya.

Dari hasil peninjauan serta laporan dari anggota dilapangan setiap harinya, progres pengerjaan fisik yang dilakukan TMMD sampai saat ini sudah mencapai 20 persen. Meski sedikit ada kendala, mengingat faktor cuaca Natuna yang sulit diprediksi, karena musim tidak menentu, dirinya tetap optimis, bahwa kegiatan kemasyarakatan ini bisa selesai tepat waktu, bahkan lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan.

“Mengingat pekerjaan berkaitan dengan fisik, saya berharap kepada anggota TNI – POLRI dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini, agar bekerja dengan maksimal untuk mengantisipasi apabila hujan turun terus menerus,” pungkasnya.

Adapun anggaran TMMD, diambil dari dana APBD, namun pengelolaannya secara swadaya. Pemerintah membantu menyuplai material, sementara Kodim sendiri membantu tenaga.

Ada dua jenis kegiatan yang dilaksanakan TMMD, diantaranya terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik, berupa pengerjaan semenisasi jalan lingkar sepanjan 430 meter dan pengerjaan gorong-gorong.

“Sedangkan pembangunan non fisik, berupa penyuluhan kesehatan, pertanian, peningkatan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, serta sosialisasi bahaya narkoba, yang melibatkan jajaran Kepolisian Resort Natuna,” pungkasnya. ( nard)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan