banner 740x400

banner 740x400

Danramil Siantan Bantah, Pembakaran Alat Berat PT KJJ “DI DUKUNG OKNUM TNI AD”

Danramil Siantan Bantah, Pembakaran Alat Berat PT KJJ “DI DUKUNG OKNUM TNI AD”
Pembakaran 30 unit alat berat PT KJJ. (Foto : Istimewa)

SIJORIKEPRI.COM, ANAMBAS — Aksi pembakaran 30 unit alat berat PT KJJ pada Kamis, (29/06/2017) lalu, di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas berbuntut panjang. Karena ada pihak-pihak yang mengatakan, aksi tersebut didukung oleh oknum TNI AD, dan diberitakan di beberapa Media.

Abdul Rachman, seorang aktivis LSM di Karimun mengabarkan hal itu di akun media sosialnya dengan “Aksi brutal massa didukung oknum TNI AD dan Bupati Anambas membakar 30 unit alat berat PT Kartika Jemaja Jaya,”.

Menurut DanRamil Siantan, Kapten Samsuarno, mengatakan, melaluai Hendphone-nya, bahwa tidak masuk akal apa yang diberitakan oleh media tersebut melibatkan Oknum TNI AD. Juga samsuarno berharap, jangan lah membuat isu yang bukan-bukan, tentunya jika ada LSM maupun masyarakat yang ngomong seperti itu, harus siap bertanggung jawab,” katanya, Kamis, (29/06/2017).

Kronologis pembakaran alat berat PT KJJ oleh ratusan massa itu, bermula dari permintaan masyarakat pada 21 Juni 2017, agar sekitar 30 unit alat berat milik PT KJJ yang masuk ke Pulau Jemaja dikeluarkan.

Kemudian tanggal 22 Juni 2017, sejumlah masyarakat Pulau Jemaja melakukan rapat dengan Camat Jemaja dan Camat Jemaja Timur membahas masalah alat berat dan akan beroperasinya kembali PT KJJ.

Dalam rapat tersebut, informasinya turut hadir aparat keamanan dan manajemen PT KJJ. Hal itu sepakat para pihak opsi dari masayakat.

Pembahasaan rapat tersebut, masyarakat meminta pihak KJJ segera memindahkan alat berat, terhitung selama 7 hari untuk memenuhi tuntutan masyarakat saat itu.

Namun, kesepakatan itu belum terpenuhi. Entah apa alasannya, apakah pekerja pihak PT KJJ masih libur lebaran atau karena apa. Belum ada pernyataan resmi dari pihak PT KJJ.

Karena setelah 7 (tujuh) hari massa menganggap tidak diindahkan, dengan suasana massa yang sudah berkumpul dari Kecamatan Jemaja dan Jemaja timur, terlihat langsung emosi dan secara sepontan terlihat anarkis membakar alat berat yang begitu berutal pada tanggal 29 Juni 2017, Pukul 11.00 WIB, di Pulau Telapan, Kecamatan Jemaja Timur.

Adapun alat berat yang di bakar massa tersebut diantaranya, 16 Unit Buldozer, 3 unit Excavator, 2 unit Dump truck, 2 unit trailer logging, 2 unit loader, 2 unit Pick Up Strada, 1 unit traktor. Pada Pukul 13.30 WIB, massa bergerak menuju Base Camp tempat pembibitan, dan melakukan pembakaran 2 unit rumah pembibitan. (SK-RD)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan