banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Debat Publik Pilwako 2018 “BERLANGSUNG SERU”

Debat Publik Pilwako 2018 “BERLANGSUNG SERU”
Presenter dari TV ONE, Chacha Anissa, memandu Debat Publik Pilwako 2018 di Hotel CK Tanjungpinang. (Foto : Wak Tar)
– Kedua Paslon Saling Adu Program dan Argumentasi.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Debat Publik I (pertama) pada Pilwako Tanjungpinang tahun 2018 berlangsung seru, bukan hanya karena dipandu oleh moderator cantik Chacha Anissa S.Sos M.Si saja, tapi didukung oleh adu progaram dan argumentasi yang saling berbalas dari kedua kandidat, di Hotel CK Tanjungpinang, Minggu, (22/04/2018), malam.

Debat antara Paslon Nomor Urut 1 (satu), Syahrul-Rahma dengan Paslon Nomor Urut 2 (dua), yakni Lis-Maya tersebut, berlangsung mulai pukul 20:00 hingga 23:00 WIB, yang dihadiri kader partai pengusung dan pandukung dari masing masing Paslon. Acara semakin seru ketika masing-masing pendukung menyerukan yel-yel untuk memberikan dorongan dan semangat kepada pasangan yang dijagokan masing-masing.

Pada debat terbuka tersebut, moderator memandu masing-masing kandidat dengan bebeapa sesi, diantaranya pertanyaan dari para Panelis kepada masing-masing Paslon tentang visi lima tahun kedepan, dalam waktu yang disediakan selama dua menit, dimulai dari Paslon 1, dilanjutkan Paslon 2.

Kemudian pertanyaan lagi dari para Panelis kepada Paslon masing-masing, tentang Pelayanan Publik, dan selanjutnya ditanggapi oleh Paslon lainnya, dimulai Paslon 2, dan ditanggapi Paslon 1, dan sebaliknya, dengan waktu dua menit.

Selanjutkan pertanyaan Panelis tentang program pendidikan, yang juga ditanggapi Paslon masing-masing, dimulai dari Paslon No Urut 1, dan ditanggapi Paslon 2, dan sebaliknya, dengan waktu dua menit.

Pada sesi ke 4 (empat), pertanyaan bukan dari Panelis, tapi dari Paslon, dan berhubungan dengan pendidikan, dimulai pertanyaan dari Paslon 2, dengan waktu satu menit, dijawab Paslon 2, dengan waktu 1,5 menit, dan sebaliknya.

Sesi kelima, juga pertanyaan tidak dari Paneslis, tapi dari Paslon masing-masing. Dimulai dari Paslon 1, tentang budaya, dijawab Paslon 2, dan jawaban itu ditanggapi Paslon 1, dan dibalas lagi oleh Paslon 2.

Pada saat giliran Paslon 2 mengajukan bertanyaan kepada Paslon 1, yang ditanya tentang program mereka kedepan yang ingin mewujudkan kota Tanjungpinang yang identik dengan Slogan Melayu adalah Islam, dengan visi yang jauh kedepan untuk anak cucu kita. Salah satunya adalah yang berfungsi selain untuk ibadah sakral dan wisata religi, pada umumnya, namun juga untuk pusat pembelajaran Al Quran yang terbuka untuk berbagai usia, (Terkait program pembangunan Masjid Apung yang belum terealisasi di periode sebelumnya)

“Bagaimana tanggapan Paslon 1 terkait program Masjid Apung? Apakah setuju atau tidak?,” tanya Maya.

Hal ini dijawab oleh Paslon 1 (Syahrul, red). Syahrul mengatakan, ini sebenarnya program yang belum terealisasi, lima tahun yang lalu (Lis-syahrul, red).

“Bukan tidak setuju, tapi mungkin perlu ditelaah kembali oleh pemuka-pemuka masyarakat dan agama, apakah itu bisa direalisasikan atau tidak,” jawab Syahrul, kemudian ditanggapi Paslon 2, dan dibalas lagi oleh Paslon 1.

Pada sesi keenam, Chaca membacakan pertanyaan Panelis kepada paslon 2, tentang masih perlukah dan masih relevankankah untuk dipertahankan identias Tanjungpinang, yang dulunya di zaman Kesultanan Riau Lingga Johor Pahang terkenal di mencanegara sebagai warisan Bandar Tamadun Melayu, dan Pulau Penyengat menjadi salah satu ikonnya.

Sedangkan untuk Paslon 1, yang dipertanyakan tentang bagaimana mewujudkan pesan moral dari pantun pusaka, yang isinya agar tidak melupakan sejarah budaya bangsa.

Disesi terakhir, Chaca mempersilahkan kepada masing-masing Paslon untuk menyampaikan closing statements dalam debat pada malam itu selama 30 menit. (Wak Tung)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan