Dewa Rezeki dalam Tradisi Tionghoa

Dewa Rezeki dalam Tradisi Tionghoa
Dewa Rezeki Cai Shen. (Foto :Dinaviriya.com)

SIJORI KEPRI – Dewa Rezeki memegang peranan yang penting dalam tradisi dan kepercayaan warga Tionghoa. Warga Tionghoa pada umumnya mempercayai adanya Dewa Rezeki yang bertugas untuk memberikan harta dan kekayaan kepada umat manusia.

Hal ini dapat dilihat pada setiap merayakan Tahun Baru Imlek, banyak lambang dan simbol serta kegiatan yang berkaitan dengan Dewa Rezeki.

Banyaknya kelenteng-kelenteng Dewa Rezeki juga menandakan betapa pentingnya Dewa Rezeki dalam kehidupan warga Tionghoa. Dewa Rezeki dalam bahasa Mandarin disebut dengan Cai Shen [财神].

Dewa Rezeki yang kita kenal saat ini merupakan tokoh-tokoh sejarah yang benar-benar ada. Meraka pada umumnya merupakan Tokoh terkenal dan memiliki pengaruh tersendiri di zaman pemerintahaan kerajaan Tiongkok Kuno.

Terdapat 2 penggolongan Dewa Rezeki dalam Tradisi Tionghoa, diantaranya adalah Dewa Rezeki Sipil atau disebut dengan Wen Cai Shen [文财神] dan Dewi Rezeki Militer yang disebut dengan Wu Cai Shen [武财神].

Berikut ini adalah Dewa-dewa Rezeki menurut kepercayaan warga Tionghoa

Dewa Rezeki Militer (Wu Cai Shen [武财神])

Zhao Gong Ming [赵公明]

Diantara Dewa-dewa Rezeki yang dikenal dalam Tradisi Tionghoa, Dewa Rezeki yang paling umum adalah Dewa Rezeki Zhao Gong Ming.
Setiap bulan 1 tanggal 5 (bertepatan dengan hari kelima Tahun baru Imlek) dirayakan sebagai Hari Ulang Tahun Dewa Rezeki Zhao Gong Ming. Zhao Gong Ming merupakan seorang tokoh di zamn Dinasti Shang.

Zhao Gong Ming adalah Dewa Rezeki Militer yang biasanya digambarkan sebagai seorang Panglima Jenderal dengan pakaian dan peralatan perang yang lengkap.
Di Tangan Dewa Rezeki Zhao Gong Ming terdapat sebuah ruyung dan juga sebongkah Emas serta menduduki seekor Harimau.
Guan Gong [关公]

Guan Gong adalah seorang Panglima Jenderal yang hidup pada masa Tiga Kerajaan (Samkok). Guan Gong yang nama aslinya adalah Guan Yu [关羽] atau Guan Yun Chang [关云长] merupakan lambang kesetiaan dan bakti bagi warga Tionghoa.

Pada masa tersebut, Guan Gong pernah menjabat Gubernur Provinsi Jing Zhou [荆州]. Pada saat pemerintahaannya, wilayah Jing Zhou berkembang dengan pesat dan Rakyatnya hidup makmur sejahtera.

Bagi pedagang, Guan Gong dapat melindungi mereka dalam berbisnis terutama dalam perjalanan bisnis sehingga bebas dari penyamun dan malapetaka.
Sifat Guan Gong yang lurus, jujur dan setia juga dipercayai tidak akan memberkati pedagang yang curang sehingga mereka dapat berbisnis dengan tenang dan meraih keuntungan yang wajar. Oleh karena itu, para pedagang memuja Guan Gong sebagai Dewa Rezeki yang dapat melindungi mereka dalam berbisnis.
Guan Gong merupakan Dewa Rezeki Militer atau Wu Cai Shen [武财神].

Dewa Rezeki Sipil (Wen Cai Shen [文财神])

Bi Gan [比干]

Bi Gan adalah seorang menteri di Dinasti Shang [商朝] dan juga merupakan anggota keluarga kerajaan. Bi Gan yang setia menasehati Raja Shang untuk tidak bertindak kejam terhadap rakyatnya dan berharap Raja Shang dapat rajin mengurusi urusan Kerajaan malah dibenci oleh Raja Shang. Untuk membangunkan Raja Shang dari kekeliruan, Bi Gan akhirnya mengali Hati sendiri untuk membuktikan kesetiaannya. Nyawa Bi Gan dapat diselamatkan oleh Jiang Zi Ya [姜子牙].

Kecewa dengan perpolitikan di Kerajaan, akhirnya Bi Gan memilih untuk mundur dari Jabatannya dan membagikan semua harta kekayaannya kepada Rakyat.

Bi Gan dipercaya oleh pedagang karena kejujurannya dan tidak memihak (adil). Bi Gan dikenal sebagai Dewa Rezeki Sipil atau Wen Cai Shen [文财神].
Fan Li [范蠡]

Fan Li adalah seorang ahli politik dan pernah menjabat Menteri di Kerajaan Yue [越国] pada masa negara berperang/Zhan Guo [战国]. Fan Li memiliki jasa yang sangat besar dalam membantu Raja Yue mengalahkan Kerajaan Wu.

Setelah mengalahkan Kerajaan Wu, Fan Li melepaskan jabatannya sebagai Menteri dan menjadi seorang pedagang yang sukses dengan menggantikan namanya menjadi Tao Zhu Gong [陶朱公]. Fan Li dikagumi oleh para Pedagang karena kemampuan berbisnis yang hebat dan Manajemen Bisnis yang baik. Fan Li juga merupakan seorang dermawan dan suka membantu orang-orang miskin. Oleh karena itu, Fan Li dikenal sebagai Dewa Rezeki Sipil atau Wen Cai Shen [文财神].

(Sumber : Dinaviriya.com)

Tags: , , , , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan