banner 740x400

banner 740x400

Disnakertrans Natuna “LATIH 31 PENCARI KERJA”

Disnakertrans Natuna “LATIH 31 PENCARI KERJA”
Sekda Natuna, Wan Siswandi, membuka secara resmi Pelatihan Calon Pencari Kerja Tahun 2017. (Foto : Bernard Simatupang)
– Dibuka Sekda Natuna, Wan Siswandi.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA – Bupati Kabupaten Natuna, melalui Sekda Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, membuka secara resmi Pelatihan Calon Pencari Kerja Tahun 2017, bertempat di Gedung Balai Latihan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kabupaten Natuna, Senin, (09/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Natuna, Wan Siswandi, membacakan Kata Sambutan Bupati Natuna, Hamid Rizal, mengatakan, upaya peningkatan taraf hidup dan pencari kerja menjadi prioritas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui berbagai implementasi kegiatan untuk menciptakan peluang kerja dalam mengentaskan kemiskinan.

Wan Siswandi, menambahkan, di dalam pencarian kerja perlu adanya daya saing dan kompetensi yang sangat tinggi diantara sesama pencari kerja. Maka dari pada itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna merasa sangat perlu untuk menciptakan tenaga pencari kerja yang trampil yang memiliki keahlian khusus di bidangnya, antara lain, keterampilan menjahit , tehnik mengelas ,tehnik listrik , dan keahlian lainnya yang diperlukan para pencari kerja.

“Untuk memaksimalkan tenaga kerja tersebut, maka perlu diadakan Pelatihan Keterampilan para pencari kerja yang di laksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Natuna, melalui Balai Latihan Kerja (BLK),” tutur Wansis, panggilan akrab Sekda Natuna.

Lebih lanjut, Wansis, mengatakan, tujuan utama dari pelatihan ini adalah mewujukan Sumber Daya Manusia yang memiliki mental wirausaha, menciptakan lapangan pekerjaan yang produktif dengan hasil produksi yang dapat diandalkan bagi kesejahteraan keluarganya.

“Kegiatan ini sangat penting, mengingat dewasa ini, Kabupaten Natuna menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, dalam hal percepatan pembangunan melalui program nawacita yang telah dicanangkan, maka diperlukan tenaga-tenaga terampil dan punya kompetensi, yang bisa menggerakkan roda perekonomian yang lebih baik”, ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wansis, mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para Tim Pelatih yang telah dapat meluangkan waktunya dalam membagi informasi dan keterampilannya didalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas bagi pencari kerja, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan Diklat Pelatihan Tenaga Kerja Disnakertrans, Husyaini, mengatakan, pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di Balai Latihan Kerja 2017 , telah diatur berdasarkan UU No 13 tentang Ketenagakerjaan tahun 2003, Lembaran Negara RI tahun 2003 No 39, Lembaran Negara RI tahun No 4279, Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi No 8 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

“Tujuannya adalah, untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan potensi kerja, guna meningkatkan kemampuan produktifitas dan kesejahteraan bagi pencari kerja. Dan berkompetensi sendiri, artinya pendekatan pelatihan yang lebih spesifik dan terukur,” ucapnya.

Sistem pelatihan ini, sambungnya, tidak hanya mengajarkan materi meteri pelatihan, akan tetapi juga untuk mengidentifikasi tingkat kompentisi yang dibutuhkan untuk mengisi level jabatan.

“Pelatihan berbasis kompetensi ini lebih banyak praktek dari pada teori, sehingga para peserta latihan akan menjadi trampil dan mahir, serta menguasai jurusan yang dipilih”, imbuhnya.

Adapun Waktu dan Tempat pelatihan, di mulai dari tanggal 05 Oktober sampai 03 November 2017, yang akan di laksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Natuna, sementara para peserta diinapkan di Mess BLK itu sendiri yang disertai dan dijamin asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pada tahap pertama ini, lanjut Hisyaini, peserta didatangkan dari 8 Kecamatan. Dan Tenaga Instrukturnya, didatangkan dari Balai Besar Pelatihan Tenaga Kerja Serang, di bawah Pimpinan Dirjen Pelatihan Tenaga Kerja dan Produktifitas KementerianTenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

“Adapun para peserta di bagi dalam tiga kejuruan, diantaranya kejuruan menjahit sebanyak 15 orang, kejuruan Listrik sebanyak 8 orang dan kejuruan Las sebanyak 8 orang. Jadi total peserta sebanyak 31 orang, dan Anggaran untuk kegiatan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja ini diambil dari APBD Kabupaten Natuna Tahun 2017,” pungkas Husyaini. (SK-Nard)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan