banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Dompak Akan Disulap “JADI KAMPUNG WISATA”

Dompak Akan Disulap “JADI KAMPUNG WISATA”
Ilustrasi : Kampung Wisata Dompak. (Foto : Kelurahan Dompak)
– Kelurahan Lakukan Terobosan Melalui Dana CSR.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Pulau Dompak adalah merupakan salah satu aset Kota Tanjungpinang yang bisa dijadikan destinasi pariwisata, sehingga di Kantor Kelurahan Dompak telah ada Master Plan untuk pengembangan pariwisata.

Lurah Dompak, Heri Susanto S.Sos, mengatakan, ada beberapa konsep yang sudah dibuat. Untuk dapat direalisasikan rencana tersebut, Kelurahan Dompak tidak mungkin harus berpangku tangan saja dengan APBD yang terbatas, namun bekerja sama dengan pihak swasta.

“Saat ini kelurahan juga lagi membuat terobosan-terobosan untuk menggandeng pihak swasta dengan pemanfaatan dana CSR, seperti Bandara Hang Nadim,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, selain memoles lokasi wisata Tanjung Setumu dan daerah lainnya yang bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), juga rencana akan dibangun perkemahan.

“Kita ada rencana akan membangun perkemahan. Sebelum lebaran ini akan diadakan perkemahan PMR dan perkemahan Sapta Pemuda oleh Dispora Kota Tanjungpinang, yang pesertanya dari beberapa OKP, mahasiswa dan pemuda,” ujarnya.

Di Dompak, sambungnya, akan dikembangkan dan disulap jadi Kampung Wisata Tanjung Siambang dengan kampung warna-warni, termasuk menyediakan boat khusus penyeberangan ke pulau Basing. Jadi, dari dana CSR oleh pihak swasta, bisa dapat bantuan yang terserah mereka akan diberikan dalam bentuk apa saja, agar jika orang datang ke Dompak, terlihat bersih dan indah.

“Misalnya mereka (swasta, Red) mau membantu tong sampah, cat warna-warni, Gapura, tetap kami terima, dan tinggal kami arahkan, yang konsepnya nanti dari kami, dan Pokdarwis yang menjaganya. Alhamdulillah respon masyarakat baik.

Dompak ini, tambahnya, punya potensi, sehingga jika rapi, indah, dan banyak yang datang, tentu bisa menjadi tambahan penghasilan lain buat masyarakat. Kami juga akan membina UMKM-nya.

“Di Kelurahan akan ada pemilihan kampung terbersih. Nanti dari Kelurahan akan diberikan mesin rumput, di PKK-nya akan diadakan perlombaan kue tradisional. Jika menjadi ciri khas, nanti akan ditonjolkan masakan dan kue khas Dompak,” tambahnya.

Disamping itu, Heri ingin menyadarkan masyarakat, bahwasanya sayang sekali kalau potensi di Dompak ini tidak dimanfaatkan. Kalau masyarakat memiliki peluang memiliki pondok saja, bisa menjadi penghasilan. Namun tentunya akses jalan menuju lokasi wisata perlu dikembangkan, termasuk akses ke arah Tanjung Setumu yang indah itu.

Sebenarnya, pihak Kelurahan sudah mengusulkan juga untuk pengembangan wisata di Dompak, namun bukannya pesimis dengan Musrembang, tapi perlu juga berinisiatif dengan terobosan-terobosan, agar memiliki daya tarik dan diperhatikan.

“Konsep ini kami buat agar menggugah pemerintah bisa lebih memperhatikan tentang potensi Dompak,” pungkasnya. (SK-MU)

Pantai Tanjung Siambang

Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan