banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Empat Hektar Hutan Hangus Dilalap Sijago Merah

Empat Hektar Hutan Hangus Dilalap Sijago Merah
Hampir setiap hari kebakaran terjadi di Kabupaten Bintan. Hari ini kebakaran di KM 24 menghanguskan 4 hektar hutan. (Foto : Ist)


Empat Hektar Hutan Hangus Dilalap Sijago Merah
– Kebakaran Hutan Bintan Kian Menjadi-jadi.
– 1 Unit Rumah Warga Nyaris Hangus.

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Kebakaran hutan, kian menjadi-jadi di wilayah Kabupaten Bintan. Anehnya, dari sekian banyak kebakaran, pelakunya terkesan belum menjadi prioritas tangkapan. Perhatian pihak terkait, hanya tertuju upaya pemadaman api.

Sabtu, (10/8/2019), sekira pukul 12.99 WIB, kebakaran kembali terjadi. Hutan berlokasi di Jalan Uban Lama, KM 27, menjadi sasaran. Sekitar empat (4) hektar hutan, hangus terbakar. Salah satu rumah di kampung Rajawali, yang ditempati warga Tionghoa, nyaris menjadi korban.

Beruntung, petugas UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Toapaya, datang memberi pertolongan. Rumah warga ini bisa diselamatkan.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Toapaya, Nurwendi, diminta keterangan mengatakan, sumber api diperkirakan berasal dari hutan yang berlokasi di kilometer 24, menjalar ke kilometer 25, kilometer 26 dan kilometer 27, tepatnya dekat tanjakan Jalan Uban Lama.

”Pelakunya belum diketahui. Prioritas Damkar hanya pada upaya pemadaman dan pertolongan korban,” kata Nurwendi, mengaku tengah berada di lokasi kejadian.

Kondisi hutan terbakar hangus. Diperkirakan, lahan bekas kebakaran ini akan gundul, karena semua tumbuhan hangus.

Upaya pemadaman, katanya, telah maksimal dilakukan. Satu mobil Damkar kapasitas 3.000 liter, dengan tiga petugas Damkar diturunkan. Kendati upaya pemadaman telah maksimal, api tidak bisa dipadamkan. Karena kobarannya sangat besar.

”Kita kesulitan memadamkan api karena cuaca panas disertai angin sangat kencang. Api dengan cepar menjalar. Ditambah, asap tebal ikut menyulitkan kita bekerja. Tapi, ini bukan alasan untuk menghentikan upaya pemadaman. Kita terus melakukan pemadaman,” kata Nurwendi.

Insiden kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Bintan, tambahnya, sangat mengkhawatirkan. Bahkan, Nurwendi menilai, hampir tiap hari, pada Agustus 2019 ini, insiden kebakaran hutan terjadi.

”Musim kemarau disertai angin, rentan terjadi kebakaran hutan. Kalau diitung-itung, hampir tiap hari terjadi kebakaran di wilayah Bintan,” katanya.

Nurwendi, mengimbau warga, untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran sembarangan, karena dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Apalagi, saat ini musim panas.

“Bagi pelaku yang membakar tumpukan sampah tolong diperhatikan. Awasi hingga api padam. Jika tidak diawasi, bisa saja api akan menjalar dan membakar hutan,” tutupnya. (Wak Zek)

Tags: , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan