banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Gubernur Kepri Buka Festival Pulau Senua 2019

Gubernur Kepri Buka Festival Pulau Senua 2019
Gubernur Kepri Nurdin Basirun membuka secara resmi kegiatan Festival Pulau Senua 2019, di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur. (Foto : Bernard Simatupang)


Gubernur Kepri Buka Festival Pulau Senua 2019
-Dihadiri Ribuan Pengunjung.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Kita patut bersyukur karena Kabupaten Natuna telahpun dianugerahi begitu besar potensi yang sepatutnya akan menjadi nilai tambah bagi upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya sektor pariwisata dengan segala aspek yang dapat mendukung pengembangannya, seperti beragam atraksi budaya, kerajinan tangan daerah, jati diri dan sifat keramahan masyarakat melayu Natuna dalam menyambut kedatangan setiap pengunjung.

Demikian dikatakan Gubernur Kepri, DR Nurdin Basirun S.Sos MSi, mengawali sambutannya, sekaligus membuka secara resmi Festival Pulau Senua 2019, di Pulau Senua, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu, (16/06/2019).

Nurdin, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Natuna yang telah menetapkan program kegiatan ini di Kabupaten Natuna, sebagai wujud sinergitas bagi upaya pengembangan sektor pariwisata daerah dan penumbuhan ekonomi masyarakat Natuna.

Dikatakannya, pembangunan bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata, melainkan masyarakat juga harus berperan aktif memberikan kontribusi didalamnya.

“Untuk itu, saya berharap agar kita semua dapat senantiasa menjaga norma, adat, dan aturan bijak yang telah diwariskan secara turun temurun kepada kita masyarakat Natuna, untuk membentengi diri sekaligus sebagai nilai ibadah bagi kita semua dalam upaya bersama membangun sektor pariwisata daerah,” tutur Nurdin.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Natuna, Wan Siswandi S.Sos M.Si, mewakili Bupati Natuna Hamid Rizal, menyampaikan permintaan maaf dari Bupati dan wakil Bupati Natuna, tidak dapat hadir bersama-sama dalam kegiatan ini karena sedang tugas luar.

Sekda Wansis, mengatakan, dengan ditetapkannya agenda ini sebagai kegiatan tahunan, tentunya upaya promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini akan dapat lebih ditingkatkan.

Kedepan, lanjut Wansis, kita berharap agar kegiatan ini dapat terealisasi setiap tahunnya, karena dengan demikian, keterlibatan masyarakat akan terbuka lebih kreatif. Seperti peluang ekonomi para pengrajin, pelaku usaha kuliner, penggiat atraksi budaya, dan lain sebagainya.

“Namun tidak lupa pula saya ingatkan, bahwa sektor pariwisata dapat berkembang jika kita dapat meningkatkan beberapa kunjungan wisatawan yang pada dasarnya memiliki kebiasaan dan budaya yang mungkin berbeda dengan kita, seperti halnya masyarakat melayu yang memegang teguh tata cara pergaulan masyarakat timur,” paparnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Natuna, Hardinansyah Razani, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan dalam laporannya mengatakan, bahwa Festival Pulau Senua ini merupakan ajang yang ke 4 (empat) dan telah masuk kedalam Cross Border Event Kementerian Pariwisata yaitu Festival Bahari dengan 2 (dua) even, diantaranya Yacht Rally To Natuna dan Festival Pulau Senua.

Festival Pulau Senua ini, jelas Hardinansyah, pada dasarnya merupakan kalender event Pemerintah Provinsi Kepri, dibawah kendali Dinas Pariwisata Provinsi Kepri yang ditempatkan di Natuna.

Adapun tujuannya, jelas Hardinansyah, agar pariwisata Natuna dapat terus tumbuh dan berkembang baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas kunjungan wisatawan. Baik wisatawan lokal, nusantara, maupun manca negara.

“Tahun-tahun kedepan masyarakat berharap Festival Senua ini dapat dilaksanakan lebih dari satu hari, kalau boleh dua hari atau tiga hari,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan event dalam Festival Pulau Senua 2019 akan melaksanakan beberapa lomba dan kegiatan antara lain, volly pantai, kolek, renang, tarik tambang, bercerita, pantun, diving, lari karung, kuliner, dan fashion show.

“Dalam pelaksanaan kegiatannya, pembiayaan event ini dilakukan secara bersama-sama antara Dinas Pariwisata Provinsi Kepri bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, dengan perbandingan 3 : 1, yakni tiga (3) dari APBD Provinsi Kepri dan 1 (satu) dari APBD Kabupaten Natuna, dan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata RI,” terangnya.

Diakhir laporannya, Hardinansyah, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah terlibat penuh dalam mensukseskan Festival Pulau Senua yang keempat ini.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Provinsi Kepri, DR Said Arif Fadillah S.Sos M.Si beserta rombongan, Kepala Dinas Provinsi Kepri Drs Buralimar M.Si, para pimpinan FKPD Natuna, Asisten dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, para penggiat, pelaku sektor Pariwisata, dan ribuan pengunjung yang telah memadati Pulau Senua. (nard)

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan kata sambutan. (Foto : Bernard Simatupang)
Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Sekda Kepri TS Arif Fadillah, dan para undangan menyaksikan kegiatan Festival Pulau Senua 2019. (Foto : Bernard Simatupang)
Tags: , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan