banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Gubernur Kepri Diingatkan “JANGAN LANTIK KEPALA SEKOLAH”

Gubernur Kepri Diingatkan “JANGAN LANTIK KEPALA SEKOLAH”
ILUSTRASI, Pelantikan Kepala Sekolah oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto : Dok/Ist)



Gubernur Kepri Diingatkan “JANGAN LANTIK KEPALA SEKOLAH”
– Duduki Jabatan Kacab Dinas Pendidikan.

sijorikepri.com, TANJUNGPINANG — Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berencana membentuk Kantor Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan di 5 (lima) Kabupaten/Kota se-Kepri.

Pembentukannya bertujuan mempermudah fungsi koordinasi dan pengawasan Dinas Pendidikan Kepri dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pasalnya, pengelolaan SMA saat ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Terkait hal ini, Fiman Nugrajanto, pemerhati sosial kemasyarakatan dan pendidikan Kepri, mengaku menyambut positip rencana pembentukan ini. Namun, perlu diwaspadai oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepri, sebagai perpanjangan tangan Gubernur Kepri, jangan keliru menunjuk atau mengangkat figur calon Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan.

”Calon Kacab Dinas Pendidikan seyogyanya dari Aparatur Sipil Negara yang sebelumnya telah menduduki jabatan minimal tiga tahun di jabatan pengawas (eselon IV). Ketentuan ini diatur dalam PP 11 nomor 2017 pasal 54 ayat 1 d minimal 3 tahun di jabatan pengawas,” kata Fiman, Sabtu, (05/05/2018).

Mengacu ketentuan ini, seorang kepala sekolah, yang belum pernah menjabat pengawas atau Kepala Seksi (Kasi), tentu tidak bisa diangkat sebagai Kacab Dinas Pendidikan. Dasarnya diperkuat lagi oleh UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN pasal 131 : point d : Jabatan Eselon 3 setara dengan jabatan administrator. Point e jabatan eselon IV setara dengan Jabatan Pengawas.

”Kepala sekolah belum pernah diangkat sebagai Kasi di lembaga pemerintahan,” jelasnya.

Hal ini dikatakan Fiman, beredar informasi, ada kepala sekolah akan diangkat sebagai Kacab Dinas Pendidikan. Agar jangan sampai terjadi keputusan yang keliru, pihaknya perlu mengingatkan Gubernur Kepri untuk berhati-hati melantik seseorang calon Kacab Dinas Pendidikan.

”Jangan salah melangkah entar di PTUN-kan orang. Soalnya beredar informasi ada kepala sekolah mau dilantik jadi Kacab Dinas Pendidikan. Padahal Kepsek-kan belum pernah jadi Kasi,” katanya.

Terpisah, Kepalan Seksi SMA Dinas Pendidikan Kepri, Juritno, diminta keterangan mengatakan pihaknya belum mendapat laporan pelantikan Kacab Dinas Pendidikan. Kendati demikian, Juritno mengakui telah ada Kantor Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan di Lima Kabupaten/Kota Se-Kepri.

Kabupaten/Kota tersebut adalah Karimun, Batam, Natuna, Lingga, dan Anambas. Untuk Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan tidak disediakan, karena sama-sama berada di satu daratan dengan Pemerintahan Provinsi Kepri.

Kantor Cabang Dinas Pendidikan ini, akan dipimpin oleh seorang Kepala Cabang Dinas Pendidikan.

”Tapi, kita belum mengetahui kapan Kacab Dinas Pendidikan dilantik,” kata Juritno.

Disinggung apakah ada kepala sekolah yang akan ditunjuk Dinas Pendidikan Kepri menjabat Kacab, Juritno mengatakan, pihaknya sama sekali tidak mengetahuinya.

”Saya tidak tahu hal ini. Tanyakan langsung ke Kadis Pendidikan. Jangan saya yang ditanya tentang hal ini,” kata Juritno, terkesan enggan mengomentari hal ini. (zek)

 

Tags: , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan