Hadapi Kemarau “WARGA RIAU di LATIH PEMADAMAN”

Hadapi Kemarau “WARGA RIAU di LATIH PEMADAMAN”
Foto: Okezone

PEKANBARU (SK) — Puluhan masyarakat mendapatkan pelatihan untuk menghadapi musim kemarau tahun 2017 semester I di Provinsi Riau. Kemarau yang diperkirakan akan terjadi di bulan Febuari hingga Maret ini, sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan.

Puluhan warga itu dilatih bagaimana memperoleh pemahaman praktek menggunakan GPS berbasis Android, patroli kebakaran, sosialisasi kebakaran ke desa yang berdekatan dengan HGU perusahaan serta simulasi kebakaran.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) dan PT Asian Agri Kepala BKSDA Mahfud memberi apresiasi atas komitmen semua pihak dalam kepeduliannya dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kepedulian Asian Agri dalam upaya mencegah terjadinya karlahut patut kita apresiasi. Apabila semakin banyak perusahaan yang peduli, niscaya kebakaran lahan akan semakin ditekan. Hal ini dibuktikan tahun ini, dimana titik api sangat jauh berkurang,” ungkap Mahfud Minggu (11/12/2016).

Pelatihan yang diinisiasi oleh Asian Agri ini berkolaborasi dengan GAPKI Riau sebagai fasilitator dan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan kehutanan sebagai pelaksana diklat.

Manajer Fire Asian Agrimenyebutkan kegiatan ini merupakan upaya dalam mempersiapkan sumberdaya untuk menghadapi kemarau.

“Asian Agri telah melakukan langkah yang masif dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan. Ketika musim hujan tim melakukan latihan, training, sosialisasi dan agar ketika kemarau tim sudah terampil dan siap melakukan tugas dan tanggung jawabnya, baik itu berupa teknis pencegahan dan penanggulan kebakaran, patrol rutin dan lain sebagainya,” ujarnya.

Selain pelatihan, para peserta juga melakukan bagaimana praktek mengantisipasi dan menangani kebakaran bila terjadi. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lubuk Ogong dan Desa Tambak Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan Riau. (sym)(abp)

(Sumber : Okezone.com)

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan