banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Hamid Rizal Buka Musrenbang Wilayah II Kabupaten Natuna

Hamid Rizal Buka Musrenbang Wilayah II Kabupaten Natuna
Bupati Natuna, Hamid Rizal, menerima beras hasil produksi daerah tempatan. (Foto : Bernard Simatupang)


Hamid Rizal Buka Musrenbang Wilayah II Kabupaten Natuna
– Sekaligus Panen Padi di Desa Gunung Putri.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan pembangunan Kelurahan/Desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kabupaten untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang, sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, dalam sambutannya, sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Wilayah II, yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Bunguran Batubi, Senin, (11/02/2019).

Wilayah II meliputi, Kecamatan Bunguran Batubi, Kecamatan Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat, Kecamatan Bunguran Barat, Kecamatan Bunguran Utara, dan Kecamatan Pulau Laut.

Saat ini, lanjut Hamid, Kabupaten Natuna menjadi perhatian khusus Pemerintah Pusat, untuk itu kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin, dan mesti fokus pada pembanguna prioritas yang harus dibangun.

“Semalam saya melihat langsung Pelabuhan Setungkuk di Desa Tanjung Sebauk, dan saya prihatin akan bangunan tersebut karena sudah banyak yang rusak dan patah. Kalau saya menilai itu sangat perlu dibangun, sekarang kan itu jembatan kayu, kalau bisa langsung dibeton saja agar bisa tahan lama dan bermanfaat bagi kita semua,” ujar Bupati Hamid.

Lebih lanjut Hamid, menjelaskan, bahwa hak-hak Kabupaten saat ini semakin berkurang terhadap penguasaan laut, dulu masih mendapat kewenangan beberapa mil, namun saat ini kewenangan sangat terbatas.

“Untuk itu, dalam Musrenbang ini kita harus berpikir keras bagaimana hal itu bisa kembali ke ujung perbatasan NKRI ini, sehingga pertumbuhan ekonomi serta penambahan infrastruktur kita bisa semakin bertambah. Dan satu-satunya jalan terbaik yaitu, Natuna – Anambas harus menjadi Provinsi Khusus dan hal itu sudah saya pikirkan sejak lama,” terang Hamid.

“Semua itu mesti kita wujudkan bersama-sama demi anak-anak cucu kita. Semua ini tidak akan terlaksana dengan mudah tanpa ada campur tangan semua elemen, yaitu pemerintah dan Masyarakat Natuna,” tutur Hamid, mengakhiri sambutannya.

Sementara, Camat Bunguran Batubi, Nur Parta, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Natuna beserta rombongan, yang telah dapat hadir di Kecamatan Bunguran Batubi untuk membuka langsung Musrenbang yang dilaksanakan hari ini.

“Saya sebagai tuan rumah, mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyambutan kami hari ini,” tutur Parta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas BP3D Natuna, Mustapa Al Bakri, menyampaikan, Musrenbang dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

“Ini merupakan langkah yang kedua dimana sebelumnya dilakukan Musrenbang Desa, dan untuk Musrenbang Kabupaten akan dijadwalkan pada awal bulan Maret nanti,” ungkap Mustapa.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan penyerahan beras produksi daerah tempatan kepada Bupati, kemudian Bupati berkesempatan menghadiri dan meninjau langsung persawahan masyarakat tempatan berupa Kegiatan Panen Padi Demoplot yang dilaksanakan Dinas Pertanian Natuna, di Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi.

Turut hadir dalam acara tersebut, beberapa anggota DPRD Natuna, sejumlah Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Natuna, Para Camat se Wilayah II, Para Kepala Desa, Ibu-ibu Penggerak PKK, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Para undangan lainnya. (nard)

Bupati Natuna, Hamid Rizal, membuka Musrenbang Wilayah II Kabupaten Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)

Bupati Natuna, Hamid Rizal, menghadiri Kegiatan Panen Padi Demoplot, di Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi. (Foto : Bernard Simatupang)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan