banner 740x400

banner 740x400

HM Wardan Hadiri Grebek Suro Kecamatan Kempas

HM Wardan Hadiri Grebek Suro Kecamatan Kempas
Bupati Inhil HM Wardan, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan, memotong tumpeng Grebek Suro Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah. (Foto : Humas Setdakab Inhil)


HM Wardan Hadiri Grebek Suro Kecamatan Kempas

SIJORIKEPRI.COM, INDRAGIRI HILIR — Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan MP didampingi Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan S.Sos MM, menghadiri dan melepas Event Budaya Kirab Grebek Suro Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, di Kecamatan Kempas, Senin, (23/9/2019).

Bupati HM Wardan secara khusus memberikan apresiasi atas kegiatan budaya yang disejalankan dengan acara tabliqh akbar dan doa bersama, yang telah menjadi kegiatan rutin masyarakat suku Jawa di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas tersebut. Kehadairan HM Wardan berbusana khas Jawa disambut antusias masyarakat. Meskipun Grebeg Suro tersebut budaya jawa, namun yang terlibat semua unsur elemen masyarakat lintas suku dan agama.

Hal ini dinilai Bupati sebagai bentuk nyata dari saling menghargai dan saling kompak dalam pembauran akulturasi budaya, dimana Inhil dijelaskan Wardan sangat toleransi.

“Kegiatan ini, merupakan budaya asli daerah, maupun seni budaya Jawa yang dibawa oleh masyarakat setempat berpuluh tahun silam dari tanah leluhur mereka di pulau Jawa. Alhamdulillah, kita selaku pemerintah memberikan apresiasi dan mendukung. Tidak hanya jawa, namun suku-suku lain juga mendapatkan tempat yang sama, meskipun di tanah melayu, namun kita semua bersaudara, asal sejalan dengan nilai budaya kita, Indonesia yang meskipun berbeda namun tetap satu jua. Tentu ini menjadi khasanah kekayaan tersendiri bagi kabupaten Inhil,” ungkap Wardan.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Indragiri Hilir (PAMAJI) Inhil, RM Sudinoto, menyebutkan, masyarakat Jawa di Kecamatan Kempas memiliki budaya warisan leluhur saat menyambut peringatan bulan Muharram.

“Grebeg Suro ini merupakan tradisi rutin tiap tahun di Kecamatan Kempas dalam syukuran pada bulan Muharram,” ujar Sudinoto.

Kegiatan Grebeg Suro sempena Gema Muharram ini diisi dengan berbagai kegiatan seni dan budaya, diantaranya Tabligh Akbar, Maulid Habsyi, Shalawat Nariyah, Pawai Budaya.

“Dan pada malam harinya, di lanjutkan dengan pergelaran wayang kulit,” pungkas Sudinoto, yang juga selaku Kabag Humas Setdakab Inhil. (Wak Saf)

Click to rate this post!

[Total: 0 Average: 0]

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan