banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

HUT ke 74 TNI AL, Lanal Ranai Laksanakan Upacara dan Tabur Bunga

HUT ke 74 TNI AL, Lanal Ranai Laksanakan Upacara dan Tabur Bunga
Usai melaksanakan upacara HUT ke 74 TNI AL, dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Kabupaten Natuna. (Foto : Penlanal Ranai)


HUT ke 74 TNI AL, Lanal Ranai Laksanakan Upacara dan Tabur Bunga

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Dalam rangka HUT TNI AL ke 74 Tahun 2019, Lanal Ranai melaksanakan kegiatan Upacara yang dilaksanakan di lapangan Apel Mako Lanal Ranai, Selasa, (10/9/2019), sekira pukul 08.05 WIB.

Dalam kegiatan itu, Komandan Lanal (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan SE, tidak dapat hadir, sehubungan dengan pelaksanaan tugas sebagai Komandan Upacara pada Upacara peringatan HUT TNI AL ke 74 di Pondok Dayung Jakarta Utara.

Sehingga yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara tersebut dilaksanakan oleh Pjs. Palaksa Lanal Ranai, Mayor Laut (T) T. Faidil Sulung, sementara Komandan Upacara Kadepsin Kal P. Bungaran II-4-23 Lettu Laut (T) Didik Eko Widodo.

Tema HUT TNI AL tahun ini adalah “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju”.

Inspektur Upacara Pjs. Palaksa Lanal Ranai Mayor Laut (T) T. Faidil Sulung, membacakan Amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM.

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM, antara lain menyampaikan, bahwa TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Ancaman Tradisional dan non tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus menerus dan tindakan mitigasi yang tepat, Selama itu pula TNI AL telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat Undang Undang pada Pasal 9 UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, telah diatur 5 tugas TNI AL yaitu Bidang Pertahanan Matra Laut, Penegakan Hukum dan Keamanan Maritim, Diplomasi Maritim, Pembangunan dan Pengembangan kekuatan Maritim dan Pembinaan wilayah pertahanan laut.

Modernisasi Alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis Angkatan Laut 5 Tahun kedepan dalam kerangka kekuatan Angkatan Laut yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan Operational Ready Force.

Saat ini berbagai Alutsista TNI, baik berupa Kapal Perang dan Pesawat Udara Patroli Maritim sedang dibangun, hal ini merupakan suatu kebanggaan bahwa industri pertahanan dalam negeri turut berkontribusi besar dalam membangun kemampuan tempur TNI AL.

Kekuatan tempur TNI AL semakin bertambah, dengan masuknya kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) kelas R.E. Martadinata, Hely anti Kapal Selam, Kapal Selam Kelas Nagapasa, Kapal Patroli, Kapal angkut pasukan, perlengkapan tempur marinir dan peningkatan kekuatan pendukung, seperti Kapal Rumah Sakit dan Pangkalan pangkalan Angkatan Laut.

Tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju”.

Perlu kita sadari bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya.

Dengan demikian, keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Kita semua berkeinginan agar TNI AL diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai Tentara Profesional.

Adapun peserta Upacara terdiri dari Satu Pleton Pama Lanal Ranai, Satu Pleton Gabungan Bintara dan Tantama Lanal Ranai dan Satu Pleton Gabungan Bintara dan Tantama Satgas Marinir Kompi Komposit Marinir Setengar.

Setelah kegiatan Upacara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Kabupaten Natuna yang diikuti oleh seluruh Perwira Staf Lanal Ranai, Bintara dan Tantama Lanal Ranai, personel Marinir Kompi Komposit Setengar, serta Pengurus dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I Lanal Ranai. (nard/penlanal)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan