banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

HUT Natuna ke 20, Disparbud Gelar Seminar Geopark

HUT Natuna ke 20, Disparbud Gelar Seminar Geopark
Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, menyampaikan kata sambutan, sekaligus membuka kegiatan Seminar Geopark Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)


Bupati Buka Seminar Geopark Natuna
– Rangkaian Kegiatan Natuna Expo 2019.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Natuna ke 20, yang disemarakkan dengan pagelaran Natuna Expo 2019, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), menggelar Seminar Geopark Natuna, guna untuk mendukung percepatan pembangunan pariwisata Natuna.

Seminar Geopark Natuna ini merupakan rangkaian dari pagelaran Natuna Expo 2019, yang dilaksanakan selama 6 hari, yaitu dari tanggal 6 Oktober hingga 12 Oktober 2019.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal MSi, dengan mengusung tema “Persiapan Geopark Natuna Menuju Unesco Global Geopark”, bertempat di Gedung Serba Guna Sri Serindit, Batu Hitam – Ranai, Selasa, (8/10/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Hamid Rizal mengatakan, Natuna memiliki berbagai sektor pendukung untuk menunjang pembangunan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya sektor pariwisata.

Dikatakannya, Natuna terletak di wilayah perbatasan yang memiliki banyak aset-aset berharga yang sangat perlu untuk dijaga dan dikelola dengan baik.

“Natuna ini indah, selain keindahannya, Natuna juga banyak memiliki aset yang berharga untuk dikembangkan, agar menjadi sumber pendapatan daerah bagi meningkatkan perekonomian masyarakat lokal,” ujarnya.

Menurut Hamid, Jika segala sektor yang ada di Natuna bisa dikelola dengan baik, akan menghasilkan keuntungan yang melimpah, sehingga Natuna pasti akan menjadi daerah yang kaya.

Salah satu sektor yang bisa dikelola saat ini, kata Hamid, adalah sektor kelautan dan perikanan, serta sektor pariwisata. Jika keduanya bisa dikelola dengan baik, maka Natuna tidak perlu mengharapkan hasil pembagian migas lagi.

“Apabila sektor Pariwisata Natuna sudah berkembang, tanpa hasil migas Natuna sudah bisa maju. Salah satu contoh yang patut kita tiru, yaitu negara Hawai Amerika Serikat, bisa menjadi negara maju dengan menjual sektor pariwisatanya,” terang Hamid.

Hamid berharap agar seluruh masyarakat Natuna serius mendukung pembangunan Geopark menuju Unesco Global Geopark, agar dikenal dan diakui dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Natuna, Hardinansyah, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Geopark bagi para pemangku Geopark.

Dikatakannya, seminar ini diikuti 100 orang peserta terdiri dari DPRD, FKPD, BUMD, Unsur Vertikal, Pimpinan OPD, Media, dan Unsur Organisasi Masyarakat.

Untuk Narasumber yaitu dari Kementerian Kemaritiman, Drs Latief Nurbana M.Sc, (Asisten Deputi Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman) dan Pusat Penelitian, Perencanaan Geopark Bandung, dan Dosen Unpad Bandung. (nard)

Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, bersama tamu undangan dan peserta Seminar Geopark Natuna sampena HUT Natuna ke 20. (Foto : Bernard Simatupang)
Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, bersama tamu undangan dan peserta Seminar Geopark Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)

Click to rate this post!

[Total: 1 Average: 5]

Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan