Inilah Pemenang Lomba Drum Band “ANTAR PELAJAR SE-KEPRI”

Inilah Pemenang Lomba Drum Band “ANTAR PELAJAR SE-KEPRI”
Juara II Lomba Drum Band FBK 2016 dari SMAN 5 Bintan. (Foto : Munsyi Bagus Utama)

TANJUNGPINANG (SK) — Tim Drum Band SMPN 12 Bintan berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Drum Band antar pelajar se Kepri. Kegiatan ini di taja Batam Pos Grup yang merupakan rangkaian Festival Sungai Carang (FSC) disejalankan dengan Festival Bahari Kepri (FBK).

Pengumuman dilaksanakan, Rabu, (26/10/2016) di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang. Setelah selama dua hari berturur-turut melaksanakan lomba, Selasa-Rabu (25-26/10/2016). Hari pertama, ada 7 tim yang tampil dan hari kedua ada 9 tim. Jadi total ada 15 tim yang bertanding.

Untuk 15 tim yang bertanding yaitu SMK Kesehatan Widya, SMPN 2 Tanjungpinang, SMAN 5 Bintan, SMPN 6 Tanjungpinang, SMP Hangtuah, SMPN 5 Bintan.

SMPN 3 Tanjungpinang, SMPN 9 Bintan, SMAN 1 Tanjungpinang. SMPN 12 Bintan, SMPN 3 Tanjungpinang, MAN Tanjungpinang, SMPN 2 Bintan dan SMKN 1 Bintan.

Penetapan pemenang hasil penilaian dari dewan juri yang diketuai Kapten M Zaky, didampingi Peltu R Setiawan dan Kopda Mujikan.

Tim juri memberikan nilai 975 untuk tim Drum Band SMPN 12 Bintan tersebut. Sedangkan untuk jura ke dua dengan nilai 962 diraih SMAN 5 Bintan dan jura ketiga SMPN 2 Tanjungpinang dengan nilai 955.

Untuk juara pertama menerima dua piala sekaligus. Satu piala juara pertama dan secara otomatis menerima piala bergilir Wali Kota Tanjungpinang. Selain itu juga menerima uang pembinaan beserta piagam penghargaan kepada masing-masing anggota tim. Hadian ini diserahkan Asisten Pemerintahan Sekdako Tanjungpinang, Mekwanizar.

Tim juara ke dua panitia juga menyediakan piala, uang pembinaan beserta piagam pengharagaan kepada masing-masing anggota. Penyerahan hadiah dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Bintan, Mahfur Rahcman.

Juara ke tiga mendapatkan hadiah piala, uang pembinaan beserta piagam yang diserahkan Ketua Panitia FSC, Socrates, yang juga perwakilan Batam Pos Grup.

Pemilihan juara ditetapkan sesuai dengan Tujuh kriteria ditetapkan. Diantaranya, arransement, harmonisasi, keseragaman dan teknik penyajian. Penguasaan teknik, ketepatan waktu dan irama serta mutu, kejernihan suara dan dinamika serta yang ketujuh yaitu pengendalian dan ketepatan nada.

Sehingga lomba ini, bukan hanya sekedar namun menghasilkan drum band-drum band yang berkualitas. Bahkan sudah ada 30 siswa yang akan diseleksi menjadi 22 siswa terbaik untuk ikut bertanding di tingkat nasional Desember mendatang.

Panitia bukan hanya menyediakan hadiah kepada juara pertama, ke dua dan ke tiga. Melainkan juga kepada tim yang dianggap favorite, Harapan satu, dua dan ketiga.

Untuk favorite, juri sepakat memberikan kepada SMAN 3 Tanjungpinang. Tim ini juga mendapatkan piala, uang pembinaan beserta piagam penghargaan kepada masing-masing peserta.

Begitu juga dengan tim harapan tiga, yaitu SMP Hangtuah Tanjungpinang. Penyerahan hadiah untuk kedua pemenang ini dilakukan Ketua Panitia Pelaksana Lomba Drum Band antarpelajar se-Kepri, Sigik Rahmat.

Untuk harapan kedua dan pertama di peroleh SMPN 2 Bintan dan SMPN 3 Tanjungpinang. Penyerahan hadiah dilakukan Kepala Dinas Pariwsiata Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram dan Socrates.

Ketua Juri, M Zaky menuturkan, banyak tim dari berbagai sekolah menampilkan yang terbaik. Bagus-bagus namun pemilihan pemenang dinilai mutlak dari tujuk kriteria ditetapkan.

Penetapan pemenang juara pertama diberikan karena tim drumband tersebut menampilkan alat musik lebih lengkap.Begitu juga dengan juara dua dan ketiga memenuhi kriteria serta memiliki banyak arasement yang baik.

“Semua bagus-bagus. Saya contohkan yah, ada yang secara performance bagus hanya musik dan lagunya kurang menyantu. Namun keselurahan jika didengar bagus. Ini tidak kami pilih menang, karena ada yang lebih mendekati kriteria ditetapkan,” paparnya.

Ketua Panitia FSC, Socrates menuturkan, bagi para siswa yang belum menang jangan kecewa. Untuk yang juara terus giat berlatih, agar dapat memaksimalkan kemampuan. Kedepan tidak menutup kemungkinan akan mengundang dari daerah lainnya di Kepri. Bahkan harus bisa mengadakan lomba ditingkat internasional.

Tanjungpinang belum memiliki persatuan drum band antar pelajar. Sedangkan Bintan dan Provinsi Kepri sudah memiliki. Ia berharap melalui kegiatan ini kedepan akan terbentuk, agar menjadi wadah bagi sesama.

Ketua Lomba Drum Band antar pelajar se-Kepri, Sigfik Rahmat, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan yang memberikan dukungan penuh dalam penyelengaraan ini.

Di lomba ke tiga ini, lebih banyak peserta dari kegiatan kedua dan pertama. Ini menjadi bukti Pemko terus memberikan dukungan. Serta kedepan harus terus dilaksanakan.

Asisten Pemerintahan Sekdako Tanjungpinang, Mekwanizar mengapresiasi kegiatan ini. Bahkan meski di hari pertama ada kejadian angin dan hujan deras tidak mematahkan semangat peserta untuk bertanding.

“Kalau sudah kuasa tuhan, tidak ada manusia yang bisa menghindar. Ini harus disyukuri, serta para siswa harus terus semangat memberikan yang terbaik. Terus berlatih agar lebih profesional kedepannya,” paparnya, sembari menutup kegiatan Lomba Drum Band antar pelajar se-Kepri. (dlp)

Juara I SMPN 12 Bintan
Juara II SMAN 5 Bintan
Juara III SMAN 2 Tanjungpinang

Harapan I SMPN 3 Tanjungpinang
Harapan II SMPN 2 Bintan
Harapan III SMP Hangtuah Tanjungpinang

Favorit SMAN 3 Tanjungpinang

 

Tags: , , , , , , , ,
banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan