banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

IWITA Laksanakan “LITERASI DIGITAL 2018”

IWITA Laksanakan “LITERASI DIGITAL 2018”
IWITA (Indonesia Women IT Awareness), melaksanakan kegiatan Literasi Digital 2018, yang digelar di Aula STAI Natuna, Komplek Masjid Agung Natuna. (Foto : Ist)


IWITA Laksanakan “LITERASI DIGITAL 2018”

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Guna meningkatkan wawasan masyarakat tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah perbatasan khususnya Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, IWITA (Indonesia Women IT Awareness), melaksanakan kegiatan Literasi Digital 2018, yang digelar di Aula STAI Natuna, Komplek Masjid Agung Natuna, Rabu, (05/09/2018).

Kegiatan Literasi Digital ini mengambil tema “Song Kite Bengun Semangat Bece Berbasis Literisasi Digital di Pulau Terdepan”.

IWITA (Indonesia Women IT Awareness), organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi telah diberi kehormatan oleh KPPPA untuk menjadi mitra pengelola website Serempak yang hadir sebagai literasi digital bagi perempuan dan anak.

Founder IWITA, Martha Simanjuntak, mengatakan, sebagai organisasi yang memiliki visi mencerdaskan perempuan Indonesia melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), kerjasama ini dapat menjadi sarana literasi digital.

“Dapat juga menjadi sarana penguatan jejaring yang ada di masyarakat dengan saling bertukar praktek terbaik, pengalaman dan aspirasi-aspirasi lainnya yang konstruktif untuk kemajuan perempuan,” kata Martha Simanjuntak, dalam ‘Netizen Gathering’ bertajuk ‘Menciptakan Konten Kreatif Berbasis Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lanjutnya, menjadi tugas bersama untuk mewujudkan ‘serempak.id’ menjadi jalan dan upaya dalam mengintegrasikan TIK, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di berbagai bidang dan memberikan kesempatan kepada masyarakat berkontribusi dalam pembangunan.

“Kita harapkan kegiatan ini bermanfaat untuk perempuan dan anak serta masyarakat dalam berkontribusi untuk pembangunan,” ucapnya.

Kegiatan Literasi Digital dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kesetaraan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi perempuan dan laki-laki serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender Bidang Insfrastruktur dan Lingkungan KPPPA, mengatakan, dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender di bidang TIK, diperlukan strategi dan media yang tepat, serta berbasis masyarakat.

Menurutnya, isu kesetaraan gender yang terpenting ialah pemahaman yang tepat kalau gender bukan perempuan, tapi berbagi tugas atau peran dengan kelompok lain.

“Strategi kesetaraan gender dengan good goverment, sustainable development dan strategi kesetaraan gender. Indikator kesetaraan gender dengan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat,” ucapnya.

Serempak.id, portal seputar perempuan dan anak, tampil dengan edukasi, advokasi, berbagi, inspirasi dan pencapaian Three Ends. Program Three Ends sendiri yaitu akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan dan anak. Satu program serempak dalam rangka meningkatkan peran wanita di tanah air.

“Isu-isu yang sering beredar akhiri ini ialah kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan dan anak. Untuk itu dengan ada pemahaman melalui kegiatan ini, kita harapkan masyarakat dapat mengerti,” tambahnya.

Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Natuna, Kartina Riauwita, menyampaikan ucapan terimakasih terhadap pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, dengan adanya Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) bisa menjawab banyak isu isu strategis yang berkembang akhir-akhir ini.

Lebih lanjut Kartina, menyampaikan bahwa Pendidikan bagi remaja dan anak-anak tentu tergantung kepada kaum perempuan. Karena perempuan memiliki rasa dan kepedulian terhadap perkembangan, kemajuan dan pendidikan dari para remaja dan anak-anak. Oleh sebab itu, kepedulian harus di bangun atas dasar pengetahuan.

Kepada peserta, ia mengajak untuk manfaatkan TIK ini untuk bisa menjadikan dunia lebih dekat dengan kita.

“Gunakan IT secara positif untuk membangun komunikasi di segala bidang. Tingkatkan penggunaan fasilitas internet untuk berbagi dan mendapatkan sesuatu yang positif,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagi pemateri adalah, Indriyanto Banyumurti, dari Cyber Kreasi. Sementara sebagai perserta yang hadir utusan dari ASN di Lingkungan Pemkab Natuna, Guru, Dosen STAI Natuna, P2TP2A Serindit Natuna, KPPAD Natuna, Siswa/i SLTA, Masyarakat dan pelaku usaha di Natuna.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pemasangan selempang kepada dua orang peserta yang terpilih sebagai penggiat serempak.id untuk Natuna. Dilanjutkan dengan photo bersama. (nard/tim)

 

Tags:
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan