banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Jembatan Raja Hamidah Inspirasikan Persatuan

Jembatan Raja Hamidah Inspirasikan Persatuan
Jembatan Raja Hamidah, Sei Carang, Tanjungpinang. (Foto : Istimewa)

FEATURE OLEH : MUNSY BAGUS UTAMA


Jembatan Raja Hamidah Inspirasikan Persatuan

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Kebanyakan masyarakat Tanjungpinang yang melewati Jembatan Raja Hamidah yang menghubungkan antara Kelurahan Melayu Kota Puring dengan Kelurahan Senggarang dan Kelurahan Kampung Bugis, hanya sekedar memanfaatkan fasilutas yang dibangin Pemko Tanjungpinang saja, termasuk ASN yang bekerja di Kantor Walikota dan DPRD.

Begitu juga keindahan lampu yang dipasang dipinggir jembatan tersebut yang sangat menarik dan cantik jika diwaktu malam, hanya dimanfaatkan intuk berfoto dan berselfi ria, serta bersantai melepas lelah dan menghilangkan kejenuhan bekerja disiang hari saja.

Namun dibalik kekokohan dan ketegaran jembatan tersebut, serta keindahannya diwaktu malam, sebenarnya sangat serasi dengan namanya, yaitu Jembatan Raja Hamidah, yang dikenal dalam sejarah Melayu bergelar Engku Putri.

Keindahannya diwaktu malam serasi dengan kelembutan dan kecantikannya sebagai seorang Permaisuri dari Sultan Mahmud III Ri’ayatsyah yang Pada tahun 2017 yang lalu diangkat sebagai pahlawan Nasional oleh pemerinta RI, bergelar Pahlawan Gerilya Laut.

Kekokohan jembatan tersebut juga seirama dengan ketegarannya mempertahankan Regalia Kerajaan, agar tidak dikuasai para penjajah, yaitu Inggris dan Belanda.

Fungsi jembatan yang menghubungkan beberapa Kelurahan juga adalah gambaran kegigihannya dalam usaha tetap mempersatukan Negeri Melayu dari Lingga, Riau, Singapura, Johor, Pahang, Selangor, Trengganu, dan wilayah lainnya.

Bila kita telusuri kembali sejarah perjuangan Raja Hamidah yang merupakan anak perempuan Raja Haji Fisabilillah (Pahlawan Nasional yang dinugerahi oleh Pemerintah RI tahun 1999), beliau dipercaya oleh mendiang suaminya (Sultam Mahmud III Riayatsyah) yang wafat pada 12 Januari 1812, untuk memegang regalia kerajaan.

Namun ketika terjadi perselisihan pendapat di lingkungan istana tentang siapa yang menggantungkan Sultan, apakah Putra Sulung yang bernama Tengku Husin, dan adiknya yang bernama Tengku Abdul Rahman, disaat itu mulailah Inggris Fan Belanda memainkan siasatnya dengan masing-masing pendukung.

Kedua penjajah tersebut terkesan mendamaikan perseteruan dengan membagi kekuasaan, padahal intinya memecah kekuatan Kerajaan Melayu, agar mereka mudah mengatur dan menguasai nusantara ini.

Namun, pengajuan kedua anak Sultan ini yang telah terpengaruh taktik penjajah tentang rencana membagi kekuasaan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Engku Putri sebagai pemegang Regalia Kerajaan.

Karena Engku Putri (Raja Hamidah) tidak dapat dibujuk oleh kedua putranya, mulailah Inggris dan Belanda melakukan dengan cara kekerasan, namun Engku Putri seakan tak gentar, sehingga mengancam dengan senjata api.

Meski kalah kekuatan sehingga Regalia tersebut dapat diambil dengan paksa oleh penjajah, namun Raja Hamidah tetap tidak ikhlas dan tidak terima kalau negeri Melayu terpecah, yang berdasarka sejarah benar-benar dibagi dua pada perjanjian di Inggris yang dikenal dengan Traktat London.

Dalam perjanjian itu, Tengku Husin menguasai Singapura, Johor dan Pahang, dan kawasan sekitarnya dengan mitranya, yaitu Inggris, sedangkan adiknya, Tengku Abdul Rahman menguasai Riau hingga ke Lingga, yang sekarang menjadi Provinsi Kepri.

Perjuangan yang gigih dari Raja Hamidah, yang bahkan terancam timah panas, agar negeri Melayu tidak terpecah dan tetap bersatu sangan pantas dijadikan contoh. Beliau adalah wanita yang tegar, bahkan lebih tegar dari Jembatan, Raja Hamidah itu sendiri.

Wajar kalau para sejarawan dan budayawan Kepulauan Riau hingga hari ini masih terus berusaha mengajukan kepada Pemerintah RI, agar Raja Hamidah atau Engku Putri Sang Srikandi Melayu tersebut diangkat menjadi Pahlawan Nasional. ***

 

Tags:
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan