banner 740x400

banner 740x400

JJI dan KOMUNA “GELAR SARASEHAN dan BUKA PUASA”

JJI dan KOMUNA “GELAR SARASEHAN dan BUKA PUASA”
JJI dan KOMUNA Gelar Sarasehan dan Buka Puasa Bersama Masyarakat Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
– Bersama Masyarakat Natuna.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) bersama Komunitas Muda Natuna (KOMUNA) gelar Sarasehan dengan Tema, Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pemersatu Bangsa. Acara ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama dengan masyarakat Natuna, di Rumah Makan Geray Selera Ranai, Sabtu, (17/06/2017).

Dalam acara ini bertindak sebagai pemateri (narasumber) yaitu, Kapolres Natuna, AKBP Charles P Sinaga, SIK, MH, Kaban Kesbang, Muktar Ahmad, Kasdim /0318 Natuna, Mayor OKI. F, dan Tokoh Masyarakat, Rodhial Huda.

Kapolres Natuna, Charles P Sinaga, dalam sambutannya mengatakan, acara ini dilaksanakan untuk peneguhan komitmen, agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Harus diingat, bahwa Bangsa Indonesia terdiri dari keberagaman dari Sabang sampai Merauke, berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu dalam satu wadah Bhinneka Tunggal Ika,” kata Charles.

“Saat ini ada sikap intoleran yang ingin merusak Ideologi Pancasila, masalah hoax, persekusi, penyebaran kebencian, diperparah oleh penyalahgunaan MEDSOS, namun saya yakin dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara,” lanjut Charles.

Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai adil dan makmur.

“Disini saya menghimbau dan mengajak peran aktif ulama, ustad, pendeta, pastor, bhiksu, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila dengan meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya.

Pemerintah berkomitmen untuk penguatan Pancasila yang telah dituangkan dalam Perpres No 54 Tahun 2017, tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Kita harus saling bahu membahu untuk menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Satukan hati, pikiran dan tenaga untuk merajut kembali jati diri kita sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran untuk menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat.

“Waspadai segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah akan bertindak tegas terhadap gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI, anti Bhinneka Tunggal Ika, serta paham dan gerakan komunisme di bumi Indonesia,” seru Charles, mengakhiri pemaparannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kaban Kesbang Natuna, Muktar Ahmad, mengatakan, proses perumusan Pancasila itu bukan proses yang tiba-tiba, melainkan proses perenungan yang mendalam dari para pendiri negara.

“Pancasila sebagai pandangan hidup yang telah berakar dalam kepribadian bangsa, merupakan cerminan jiwa bangsa Indonesia. Artinya, nilai-nilai Pancasila telah ada dan hidup dalam alam pikiran dan tindakan bangsa Indonesia, bahkan sebelum kemerdekaan,” ujar Muktar Ahmad.

“Pancasila adalah dasar filsafat negara sebagai pokok kaidah yang fundamental sebagai perwujudan tertib hukum Indonesia termasuk hukum dasar Indonesia yang tertulis maupun yang tidak tertulis,” papar Muktar Ahmad.

Hal senada juga disampaikan Kasdim/0318, Mayor OKI. F, dan Tokoh masyarakat, Rodhial Huda, bahwa Pancasila itu adalah perjanjian luhur yang disepakati wakil-wakil rakyat menjelang dan sesudah Proklamasi. Pancasila sebagai kepribadian dan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain. Pancasila menjadi arah dan pedoman pelaksanaan pembangunan nasional. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, dimana peraturan perundangan yang dibuat harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar, dengan diakhiri pembacaan doa dan Tausiah yang disampaikan Ustad Nasoha, S.Ag, kemudian buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah, serta pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu.

Turut hadir dalam acara tersebut, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, OKP, Ormas, Mahasiswa, serta undangan lainnya. (SK-Nard)

 

Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan