banner 740x400

banner 740x400

Kadisdikpora Natuna : Mutu Pendidikan Natuna “JAUH MEROSOT”

Kadisdikpora Natuna : Mutu Pendidikan Natuna “JAUH MEROSOT”
Kadisdikpora Natuna Marka DJ dan Ketua LPMP Kepri Ulfa Maria, serta para peserta Bimtek Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013. (Foto : Bernard Simatupang)
– Kegiatan Bimtek Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Natuna, Marka. DJ. S.Pd, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013, yang digelar Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Riau, bertempat di Gedung Serba Guna SMAN 1. Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Selasa, (06/06/2017).

Dalam sambutannya, Marka DJ, mengucapkan terimakasih kepada Ketua LPMP Provinsi Kepri, Dr Hj Ulfa Maria M.Pd, beserta rombongan, yang telah bersedia hadir dan meluangkan waktunya sebagai bentuk wujud nyata kepedulian untuk meningkatkan pelaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Natuna.

Lebuh lanjut Marka DJ, mengatakan, Pada Kurikulum 2013 memang terjadi perubahan, dimana kegiatan diajarkan secara terpadu, kemudian proses pembelajaran, serta adanya keseimbangan penilaian antara “Hard Skill” dan “Soft Skill”.

Kurikulum 2013, lanjut Marka DJ, sangat penting sebagai dasar untuk melakukan proses belajar mengajar, sehingga proses belajar yang dilaksanakan disekolah bisa meluluskan siswa yang berkualitas, baik secara pengetahuan maupun keterampilan.

“Belakangan ini setelah saya pantau langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Natuna ini, memang mutu pendidikan jauh merosot. Untuk itu saya menyatakan Bimtek Kurikulum 2013 harus di dukung, namun harus diterapkan saat dilapangan,” terang Marka DJ.

“Jangan sampai setelah Bimtek selesai, urusan pun selesai. Harus ada tindakan nyata dari kegiatan ini,” ujarnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh guru untuk bisa bekerja dengan ikhlas, bekerja keras untuk mencapai tujuan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPMP Provinsi Kepri, Dr Hj Ulfa Maria M.Pd, mengatakan, pelaksanaan Kurikulum 2013 yang dimulai pada tahun-tahun lalu, namun implementasi Kurikulum ini dalam kenyataannya masih memerlukan banyak perbaikan dan pembenahan, mulai dari penyiapan perangkat, modul, buku siswa, buku guru, nara sumber, instruktur Nasional dan guru sasaran sebagai daya dukung dan penggerak implementasi Kurikulum 2013.

Pada tahun ini, lanjut Ulfa Maria, pemberlakuan Kurikulum 2013 hanya pada sekolah sasaran atau piloting (SD, SMP, SMA, dan SMK) yang telah ditunjuk, yang diharapkan pelaksanaannya akan lebih baik dan efektif terkait dengan rasional dan elemen perubahan Kurikulum.

“Dilandasi oleh pertimbangan diatas, maka LPMP sebagai Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan memandang perlu mengadakan fasilitasi berupa kegiatan Bimtek guru sasaran implementasi Kurikulum 2013 sebagai wujud partisipasi aktif dalam melaksanakan implementasi Kurikulum 2013,” lanjutnya.

Bimtek ini bertujuan agar guru sasaran mampu memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolahnya masing-masing, yang antara lain dimulai dari perubahan mindset, proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.

Peserta Bimtek guru sasaran implementasi Kurikulum 2013 ini adalah guru SD, SMP, SMA, dan SMK, terdiri dari beberapa bidang studi yang belum pernah mengikuti Bimtek dan merupakan guru sekolah inti atau piloting di wilayah Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.

Keberhasilan pelaksanaan Bimtek pada Guru Sasaran (GS) perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, termasuk didalamnya sumber daya manusia sebagai tim kepanitiaan dan operator aplikasi manajemen pelaporan Bimtek Kurikulum. (SK-Nard)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan