banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Kapal KM Berdikari Tujuan Tanjungpinang – Tarempa “TENGGELAM”

Kapal KM Berdikari Tujuan Tanjungpinang – Tarempa “TENGGELAM”
Basarnas Tanjungpinang melakukan pencarian kapal tenggelam di Perairan Merapas Bintan Pesisir. (Foto : Hebert)

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Kondisi perairan di Kepri saat musim utara, untuk setiap tahunnya selalu menjadi perhatian khusus bagi pihak yang terlibat langsung dengan aktifitas pelayaran, baik pelaut, nelayan maupun stake holder terkait, karena tinggi gelombang yang lebih dari biasanya.

Sebuah kapal kargo, KM Berdikari, yang merupakan kapal bermuatan sembako dengan tujuan Tanjungpinang – Tarempa, Kepulauan Anambas, tak mampu mengatasi kondisi tersebut, sehingga tenggelam di Perairan Marapas, Bintan, pada Jumat, (08/12/2017), sekira pukul 22.30 WIB.

Musibah tersebut terjdi saat KM Berdikari hendak patah balik karena keadaan cuaca sangat buruk. Namun saat hendak putar arah, kapal di hantam ombak besar, sehingga posisi kapal tidak lagi seimbang, dan akhirnya karam atau tenggelam.

Sebelum kapal tenggelam, Kapten Kapal KM Berdikari sempat melaporkan pada pemilik kapal, bahwa kondisi cuaca sangat buruk. Disaat-saat genting tersebut, 6 (enam) orang ABK langsung melompat kelaut untuk menyelamatkan diri dengan menggunakan safety seadaanya.

Herman, salah seorang nelayan Bintan mengatakan, pada saat nelayan Bintan melihat kejadian tersebut dari kejauhan, langsung memberikan informasi kepada pihak keamanan di Desa Mapor.

“Enam awak KM Berdikari yang terjun ke laut tersebut diantaranya, Ledi (46), sebagai Kapten Kapal, asal Letung, Irwan (41), asal Kalimantan Selatan, Amran (56), asal Tarempa, Suparman (40), asal Makasar, Andi (52), asal Pemalang, dan Ramli (29), asal Lombok. Keenam ABK tersebut berhasil di evakuasi Tim Basarnas Tanjungpinang, sekira pukul 11 00 WIB, dan langsung di bawak ke Rumah Sakit Pinang,” katanya.

Perihal kejadian itu, Kepala Kantor SAR Klas B Tanjungpinang, Budi Cahyadi, membenarkan adanya laka laut di Perairan Merapas tersebut, dan memberikan penjelasan.

“Sekitar Pukul 22:50 WIB (Jumat, 08 Desember, Red), kita mendapat laporan adanya laka laut, dan kita langsung menuju titik lokasi kejadian, dan bekerja sama dengan Lantamal IV Tanjungpinang, Polairud dan Perhubungan. Tim Basarnas menggunakan KN SAR Bhisma, langsung melakukan pencarian di sekitar lokasi,” tutur Budi. (SK-MU/H@T)

 

Tags:
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan