banner 740x400

banner 740x400

Kapal Terbakar di Selat Riau, Korban Terjun ke Laut

Kapal Terbakar di Selat Riau, Korban Terjun ke Laut
Proses evakuasi korban kapal terbakar di Selat Riau, Perairan Bintan, Tanjung Uban, dalam simulasi latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut oleh Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto : Dispen Lantamal IV)


Kapal Terbakar di Selat Riau, Korban Terjun ke Laut

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNG UBAN — Kapal terbakar di Selat Riau, Perairan Bintan, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Selasa, (29/10/2019). Awak kapal terjun ke laut. Beruntung, insiden ini diketahui oleh tim gabungan SAR Lantamal IV Tanjungpinang, dan langsung melakukan proses evakuasi.

Seluruh korban, berhasil diselamatkan. Mereka dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk melakukan perawatan medis.

Insiden ini bukan kejadian sebenarnya, melainkan simulasi latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut Tahun 2019 , yang digelar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali SE MM, melalui siaran pers, mengatakan, tujuan latihan ini dalam rangka melatih dan meningkatkan kemampuan, serta kesiapan operasional unsur-unsur Komando Armada (Koarmada) I dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan (SAR) di laut.

Melalui latihan ini, diharapkan peserta dapat menguasi proses perencanaan dan pelaksanaan operasi tugas pencarian di laut, kemudian menguasai dan mahir dalam melaksanakan Medical First Responder (MFR), Medical Evacuation (Medivac) dalam pelaksanan pencarian dan pertolongan (SAR) di laut.

”Selain itu juga tercapainya pola pikir, pola tindak yang sama antar stake holder dalam pencarian dan pertolongan di laut, dan terwujudnya kemampuan penyelenggaraan dalam K4IPP (Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Informasi, Pengamatan dan Pengintaian),” terang Muhammad Ali.

Peserta latihan berjumlah 337 orang, terdiri dari penyelenggara 31 orang, pelaku 230 orang, dan pendukung 56 orang, dengan melibatkan unsur TNI AL diantaranya KRI Kujang, KRI Lepu, KAL Marapas, KAL Welang, Patkamla Lobam, Patkamla Setumu, Patkamla Mentigi, 2 Sekoci Karet, Sea Rider, Helly, Pesud, Diskes Lantamal IV, RSAL, dan Balai Kesehatan Fasharkan Mentigi dan Yonmarhanlan IV.

Kemudian 1 Tim Komando Pasuka Katak (Kopaska Koarmada) I, 1 Tim dari Dinas Selam Bawah Air (Dislambair Koarmada) I, serta 2 unsur Udara dari Wing Udara 1 Hely dan Pesawat Udara.

Masih dari unsur TNI Angkatan Laut, yaitu Unsur Pangkalan terdiri dari 1 SST dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV, 1 unit intel Lantamal IV, 1 Tim Polisi Militer (Pomal) Lantamal IV, 1 Tim Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IV.

Selanjutnya, 1 unit Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IV, 1 Tim Balai Kesehatan (BK) Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi, serta 1 unit dari Rumah Sakit TNI Angkatan Laut ( Rumkital) dr. Midiato Suratani.

Selain itu, unsur Non TNI Angkatan Laut terdiri dari 1 kapal KM Baruna Jaya (Oceana), 1 unit Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) Kantor Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Tanjungpinang, 1 unit RHIB Kantor KPLP Tanjung Uban dan 1 unit RHIB Satpolair Polres Bintan.

Dan yang terakhir 1 Regu dari Koramil, 1 Tim kesehatan dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah (Lanud RHF), 1 Tim DVI Polda Kepri, 1 unit Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Uban dan 1 unit Rumah Sakit Umum DareaH (RSUD) Kabupaten Bintan.

Sebelum latihan dimulai, dilaksanakan gelar pasukan seluruh peserta dan pendukung latihan yang berlangsung di Dermaga TNI Angkatan Laut Mentigi Tanjung Uban, dengan Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali SE MM, sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa latihan SAR ini untuk mengsinergikan semua potensi SAR di laut, untuk merespon lebih cepat dan sinergi dalam melaksanakan pertolongan terhadap korban kecelakaan di laut dan membawa korban ke tempat yang aman, terutama dibawa ke darat.

“Harapan ke depan, latihan SAR ini akan digelar lebih besar dengan melibatkan seluruh stake holder yang ada. Saat ini pelaksanaan latihan sudah cukup baik dengan keterlibatan seluruh instansi yang ada, seperti TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polri, Basarnas, Perhubungan, KPLP dan Polair,” ujarnya.

“Selanjutnya diharapkan kedapan melibatkan Pemerintah Daerah, Palang Merah Indonesia, Rumah Sakit TNI maupun Rumah Sakit Pemerintah Daerah, serta Potensi SAR di daerah lainnya,” pungkas Pangkoarmada I.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I didampingi Danlantama IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah SE MAP, dan Danguskamla Koarmada I meninjau pembangunan Masjid di Komplek Satuan Koarmada I Mentigi dan meninjau Fasilitas Pangkalan di Tanjung Uban. Beberapa fasilitas tersebut sedang dilaksanakan pembangunan pengembangan untuk meningkatkan fungsi pangkalan.

Selain itu juga. meninjau perbaikan perumahan dan mess, serta meninjau fasilitas water treatment yang berfungsi untuk mendukung logistik kapal dalam melaksanakan operasi, serta mendukung pasokan air bersih untuk personel di Komplek Satuan Koarmada I Tanjung UbanKepualauan Riau.

Hadir dalam latihan tersebut. Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah SE MAP, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan ST, Asisten I Gubernur Provinsi Kepri, Kasrem 033/WP, Danlanud RHF Kolonel Pnb Andi Wijanarko, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Danlanal Batam Kolonel Laut Alan Dahlan SH M.Si, Dansatran Koarmada I Kolonel Laut Rizaldi, Dansatkat Koarmada I Kolonel Laut Robert Hasudungan Marpaung, Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV Para Komandan KRI yang sandar di Tanjung Uban, serta Unsur OPD Bintan. (Wak Rans/R)

Kapal terbakar di Selat Riau, Perairan Bintan, Tanjung Uban, dalam simulasi latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut oleh Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto : Dispen Lantamal IV)

Click to rate this post!

[Total: 1 Average: 5]

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan