banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Kapolres Natuna Cek Kesiapan “TIM PENANGGULANGAN BENCANA”

Kapolres Natuna Cek Kesiapan “TIM PENANGGULANGAN BENCANA”
Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K, memimpin Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Alam, di Lapangan Upacara Mapolres Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)


Kapolres Natuna Cek Kesiapan “TIM PENANGGULANGAN BENCANA”

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Antisipasi Bencana Alam, Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K, memimpin langsung Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Alam, di Lapangan Upacara Mapolres Natuna, Jalan H Adam Malik, No 6 KM 8, Air Mulung, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa, (09/10/2018).

Gelar pasukan ini dilaksanakan guna mengantisipasi bila ada bencana alam terjadi di wilayah masing-masing. Mengingat belakangan ini Indonesia darurat bencana alam.

Kapolres Nugroho, dalam sambutannya, mengatakan, dalam setiap kejadian bencana alam, masyarakat tentunya sangat mengharapkan bantuan dan pertolongan. Pasukan ini akan siaga dalam waktu 24 jam, baik di Polres ataupun di Posko bencana yang didirikan di lapangan tersebut.

“Sewaktu-waktu jika terjadi bencana alam, pasukan terdekat langsung berangkat ke lokasi kejadian. Jika masih membutuhkan bantuan personil, maka Polres Natuna akan segera memberangkatkan tim lainnya ke lokasi,” ujar Nugroho.

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan, seluruh personil disiagakan berikut kesiapan sarana prasarana dan melakukan koordinasi dengan instansi lain, seperti TNI, SAR, dan Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sesuai Amanat UU No 24 Tahun 2007, perlu dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dengan adanya pembentukan itu, maka daerah akan mendapatkan dana operasional dari pusat.

“Untuk itulah apel pasukan dilaksanakan guna mengecek kesiap siagaan, penanggulangan bencana di Kabupaten Natuna,” jelasnya.

Sebagai daerah pesisir, sebut Nugroho, diharapkan semua unsur baik TNI, POLRI, SAR, dan elemen masyarakat lainnya, mesti waspada menghadapi potensi bencana. Peralatan dan personel harus siap siaga dalam membantu masyarakat, terutama saat evakuasi dan penyelamatan korban.

“Mudah-mudahan di wilayah Natuna, tidak ada bencana, dan jauh dari wilayah kita,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Danlanud RSA Ranai, Diwakili Kapten Pom Eko, Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal, Danyon Komposit I/GP Letkol Inf Ahmad Daud Harahap, Sekda Natuna Wan Siswandi S.Sos M.Si, Ketua GM FKPPI Natuna Boy Wijanarko, dan sejumlah Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Natuna. (nard)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan