banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Kapolres Tanjungpinang : Maknai Kemerdekaan Dengan Berbagai Aktivitas Positif

Kapolres Tanjungpinang : Maknai Kemerdekaan Dengan Berbagai Aktivitas Positif
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan HUT RI ke 74 di Polres Tanjungpinang. (Foto : Humas Polres TPI)


Kapolres Tanjungpinang : Maknai Kemerdekaan Dengan Berbagai Aktivitas Positif

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi SIK MH, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan HUT RI ke 74, di lapangan Polres Tanjungpinang, Sabtu, (17/8/2019).

Dalam amanatnya, Kapolres Tanjungpinang, menyampaikan pentingnya kita melaksanakan upacara peringatan ulang tahun kemerdekaan dengan khidmat dan penuh rasa syukur atas kemerdekaan negara Indonesia yang telah diraih. Suatu perjuangan berat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan hingga saat ini kita dapat hidup merdeka, aman dan damai.

“Untuk itu, kita sebagai bangsa Indonesia wajib menjaga kemerdekaan ini dengan tetap menjalin harmonisasi dan persatuan dalam kehidupan, mengisinya dengan melakukan berbagai aktivitas, serta kegiatan yang positif dan membangun dengan semangat kerja sama, gotong royong, tolong menolong dan berpikir cerdas untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang Unggul mewujudkan Indonesia yang maju,” kata Kapolres.

Selanjutnya, Kapolres Tanjungpinang membacakan amanat Kapolri, Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D. Didalam amanat tersebut disampaikan, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang besar dan memiliki keanekaragaman flora dan fauna, bahan-bahan tambang yang bernilai tinggi, serta kekayaan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan kelautan dengan jumlah penduduk lebih dari 263 juta jiwa (terbesar ke empat di dunia).

Indonesia juga memiliki tenaga kerja usia produktif dan masyarakat kelas menengah yang besar. Tidak hanya itu, ekonomi Indonesia terus berkembang menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Pada tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada peringkat ke tiga tertinggi di antara negara-negara G-20.

Sejarah telah menunjukkan, bahwa dalam perjalanan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, kita mampu mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, dalam usia yang ke-74 tahun, Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap kokoh berdiri.

Peringatan Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Fenomena demokratisasi yang terjadi pada sebagian besar negara di dunia, telah mengubah tata kehidupan secara luas. Hal tersebut ditandai dengan menguatnya peran legislatif dan media, serta penghormatan supremasi hukum dan HAM.

Demikian pula dengan fenomena globalisasi sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tidak hanya memberi manfaat yang besar, namun juga membawa berbagai potensi gangguan yang harus kita antisipasi bersama.

Oleh karena itu, pemolisian di era demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Hal tersebut diwujudkan dengan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas. Pemolisian di era demokrasi juga harus disertai dengan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi.

Upaya itu, lanjut Kapolres, akan dapat terselenggara secara optimal dengan dukungan kualitas sumber daya manusia Polri yang unggul, yaitu tersedianya personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas, memiliki integritas dan moral perilaku yang luhur, serta memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.

Dalam Upacara Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri.

Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing. Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 ini.

Dalam menghadapi berbagai agenda pengamanan, Polri harus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas.

“Jalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal. Selanjutnya, pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pungkas Kapolres, membacakan amanat Kapolri.

Turut hadir dalam upacara itu, antara lain, Pejabat Utama, Perwira, Brigadir dan PNS Polres Tanjungpinang berjumlah kurang lebih 130 (seratus tiga puluh) orang. (Wak Rans/R)

Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan