banner 740x400

banner 740x400

Kebakaran di Kampung Cina “HANGUSKAN 59 BANGUNAN”

Kebakaran di Kampung Cina “HANGUSKAN 59 BANGUNAN”
Puing-puing sisa Kebakaran di Kampung Cina, Daik Lingga. (Foto : Ist)

SIJORIKEPRI.COM, LINGGA — Kebakaran yang terjadi di Kampung Cina, Daik Lingga, pada Selasa, (28/11/2017), Pukul 01.25 WIB, dini hari, kemarin. menghanguskan 59 bangunan, serta banyak warga yang tidak dapat menyelamatkan barang milik mereka.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, saat dikonfirmasi awak media melalui telepon selulernya, mengatakan, kita berkoordinasi dengan pihak Polsek untuk membentuk Posko Pengaduan Bencana, yang kemudian kita melakukan pendataan lebih awal. setelah didata baru diketahui berapa kerugiannya.

Dalam hal ini, Nizar menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lingga lagi koordinasi berkaitan dengan anggaran di APBD-P tahun 2017 untuk bencana, kurang lebih sekitar Rp 500 juta, apakah anggaran ini bisa digunakan atau tidak, namun konsep suratnya sudah di buat.

Jika bicara masalah asuransi, lanjut Nizar, rata-rata bangunan tersebut belum di asuransi. Inilah bagaimana kita mengatasinya, kalau masalah berapa kerugian oleh bangunan yang telah terbakar ini, setelah didata pihak kepolisian yang mengetahuinya.

“Kita juga telah berkoordinasi dengan Pak Gunernur Kepri dan Sekda Provinsi, pendataan ini kita lakukan lebih awal, karena dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Sosial Kabupaten, berkoordinasi apa yang dibantu apakah berbentuk barang atau uang dan juga penerimanya per KK atau per orang,” ungkapnya, kemarin.

Selain itu, lanjut Nizar, kita juga telah meminta teman-teman KNPI, khususnya KNPI yang berada di Kecamatan Lingga, untuk menyiapkan tempat untuk dapur umum, agar ibu ibu bisa memasak di tempat itu. Kepada teman-teman KNPI juga telah kita sampaikan untuk membuat kotak amal, untuk minta bantu dengan OPD atau masyarakat yang yakin ingin membantu terhadap bencana kebakaran ini.

Nizar menjelaskan, Kita juga telah menyiapkan tempat evakuasi, yakni, di Lela Sangguna, Aula SMA dan juga kita telah bangun tenda yang berada disekitar Kantor Polsek, dan pendataan awal yang kita lakukan tersebut salah satunya untuk warga korban kebakaran, apakah mau tinggal ditempat yang kita siapkan, atau bagi yang memiliki keluarga mau tinggal di tempat keluarganya.

“Hal ini kita lakukan untuk meringankan beban bagi yang terkena musibah. Untuk bantuan, kita juga minta kepada ibu-ibu PKK, Dekra, GOW, Dharma Wanita, IWAPI yang punya kepedulian untuk menyampaikan dan mengajak saudaranya atau kawan-kawannya untuk memberikan sumbangan baju maupun barang makanan,” pungkasnya. (SK-Pus)

 

Click to rate this post!

[Total: 0 Average: 0]

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan