Kebakaran Lahan di Riau Terjadi Lagi, Kali ini 100-an Hektare di Meranti Membara

Kebakaran Lahan di Riau Terjadi Lagi, Kali ini 100-an Hektare di Meranti Membara
(Foto : Detik.com)

PEKANBARU (SK) — 100-an hektare di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, terbakar. Lokasi bersebelahan dengan perusahaan.

Kebakaran ini terjadi tepatnya di Pulau Rangsang, Meranti, Selasa (20/4/2016). Seratusan hektar lahan di sekitar konsesi PT Sumatera Riang Lestari (SRL) terbakar hebat. Jika dibiarkan, kebakaran akan semakin meluas dan masuk ke lahan konsesi perusahaan.

“Iya betul (terbakar). Lokasinya bersebelahan dengan areal perusahaan. Api cukup besar, ya lebih dari 100 hektare lah,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Meranti, Edi Afrizal kepada detikcom.

Menurutnya, dengan kebakaran ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Karlahut di Riau. Pihak BPBD Meranti meminta bantuan ke Satgas untuk mengirimkan heli guna water boombing.

“Saya sudah koordinasi dengan Satgas di Pekanbaru meminta bantuan agar helinya dikirim ke lokasi untuk melakukan pemadaman lewat water boombing,” kata Edi.

Edi menyebutkan pihaknya belum bisa memastikan apakah kebakaran lahan sudah masuk ke lahan perusahaan atau belum.

“Yang jelas, kebakaran yang terjadi sekarang memang berada di areal perbatasan dengan konsesi PT SRL,” kata Edi.

Masih menurut Edi, pihaknya kesulitan melakukan pemadaman lewat jalur darat. Karena lokasinya hampir 4 kilometer dari tepi badan jalan.

“Jangankan kita membawa peralatan, membawa badan menuju lokasi kebakaran saja sangat susah. Makanya kami mintau bantuan heli,” terang Edi.

Kapolres Meranti AKBP Pandra Arsyad saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran lahan. Menurut Pandra berdasarkan pantuan peta satelit, kebakaran terjadi persisi bersebelahan dengan areal konsesi PT SRL.

“Kalau dari peta yang kita terima, api benar-benar berbatasan dengan perusahaan, tapi sepertinya di areal konsesi perusahaan belum ada,” kata Pandra.

Sementara itu, Humas PT SRL, Abdul Hadi, mengatakan, di areal konsesinya tidak ada terbakar. “Kebakaran terjadi di luar konsesi kami yang dilakukan masyarakat,” kata Hadi. (sk-lu/cha/try)

Tags:
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan