banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Ketua DPRD Natuna Apresiasi Kinerja Bupati dan Jajarannya

Ketua DPRD Natuna Apresiasi Kinerja Bupati dan Jajarannya
Bupati Natuna, H A Hamid Rizal, Ketua DPRD Yusripandi, Sekda Natuna, Wan Siswandi dan Para Pimpinan OPD, para tamu undangan dan peserta Musrenbang Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2019. (Foto : Bernard Simatupang)


Ketua DPRD Natuna Apresiasi Kinerja Bupati dan Jajarannya

  • Musrenbang Natuna Digelar.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilasanakan kali ini mempunyai arti penting dalam rangkaian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Natuna.

Melalui Musrenbang ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan peninjauan, penyelarasan dan klarifikasi atas program/kegiatan yang diusulkan, sehingga tercapai kesepakatan terhadap materi rancangan RKPD Kabupaten Natuna pada anggaran tahun 2020.

Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2019, di Aula Sri Serindit Batu Hitam – Ranai, Senin, (11/03/2019), malam.

Dikatakannya, perencanaan pembangunan tahun 2020 merupakan tahun ke empat pelaksanaan RPJMD Kabupaten Natuna Tahun 2016 – 2021. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras bagi mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan.

Disamping itu, ujar Hamid, Pemerintah Kabupaten Natuna juga masih menghadapi tantangan lain yang harus mendapatkan perhatian, yaitu ditetapkannya Kabupaten Natuna pada tahun 2016 masuk dalam 100 Kabupaten/Kota Kondisi Luar Biasa (KLB) Stunting.

“Saya berharap bahwa pemilihan tema “Penguatan Daya Saing Daerah Berbasis Sumber Daya Alam Terbarukan Didukung Penguatan Manajemen Sumber Daya Aparatur” pada Musrenbang RKPD Tahun 2019 dapat menjawab permasalahan dan kebutuhan pembangunan Kabupaten Natuna,” pungkasnya.

Terkait dengan hal tersebut, lanjut Hamid, diharapkan penyusunan program dan kegiatan pada RKPD tahun 2020 telah diarahkan untuk mendukung pencapaian target-target makro yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Natuna antara lain, tingkat kemiskinan 3,80%, tingkat IPM 72,50%, tingkat inflasi 3,50% dan Rasio Gini 0,32%.

Oleh karena itu, jelas Hamid, perlu upaya maksimal untuk mengejar target tersebut, antara lain melalui, percepatan pembangunan infrastruktur air bersih, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang lebih produktif, meningkatkan daya beli masyarakat, mendukung program bantuan sosial yang digagas pemerintah dengan baik sehingga tepat sasaran.

“Selanjutnya dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Natuna Tahun 2020, diharapkan adanya perubahan pradigma pembangunan dari Money Follow Function menjadi Money Follow program prioritas benar-benar dilakukan dan berorientasi pada prioritas untuk masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan,” terangnya.

“Kepada pimpinan dan anggota DPRD dan seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat memberi saran, serta masukan agar RKPD Kabupaten Natuna tahun 2020 selaras dengan RPJMD Kabupaten Natuna Tahun 2016 – 2021, serta dapat mengawal konsistensi penganggaran pada APBD Tahun Anggaran 2020 mendatang,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, menyampaikan pokok-pokok pikiran Lembaga DPRD terhadap Musrenbang Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2019.

Dalam penyampaiannya, Ketua DPRD Yusripandi, mengapresiasi kinerja Bupati beserta jajarannya yang telah bekerja keras menggelar Musrenbang. Dengan demikian Yusripandi mengajak seluruh Lembaga Eksekutif maupun lembaga lainnya untuk konsisten dalam setiap tahapan pembahasan APBD.

“Jika kita terlambat dalam pengesahan APBD, maka ada sanksi administratif bagi anggota DPRD, dan Kepala Daerah, yaitu berupa tidak di bayar 6 bulan semua hak keuangannya. Namun perlu diingat, bahwa sanksi tersebut dikenakan kepada lembaga yang terlambat menjalankan tahapan yang telah di atur UU nomor 23 Tahun 2014,” ujarnya.

Diakhir penyamapainnya, Yusripandi meminta perbaikan pembangunan di bidang kesehatan, seperti pelayanan kesehatan Puskesmas maupun Pustu, penggunaan BPJS yang dinilai kurang tersosialisasi, serta peningkatan pembangunan di bidang pendidikan terutama bagi anak yang kurang mampu. (nard)

Sambutan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Musrenbang Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2019 oleh Bupati Natuna, H A Hamid Rizal. (Foto : Bernard Simatupang)
Peserta Musrenbang Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2019. (Foto : Bernard Simatupang)
Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan