banner 740x400

banner 740x400

KMDS Gelar “LATPRES KICAU BURUNG”

KMDS Gelar “LATPRES KICAU BURUNG”
Kegiatan lomba kicau mania di Lanal Dabo Singkep. (Foto : Puspandito)

SIJORIKEPRI.COM, DABO SINGKEP — Kicau Mania Dabo Singkep (KMDS) dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, kembali menggelar Latpres (Latihan Prestasi) kicau burung, di Halaman Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep, Minggu, (22/10/2017).

Ketua panitia, Lettu Laut (P) Adam Muslim, mengatakan, untuk peserta ada 48 gantengan yang kita bagi 4 kelas yakni, Murai batu, Kacer, Love bird dan Kenari. Dalam lomba ini, yang akan mempertandingkan adalah suara terindah.

“Tujuan kita adalah untuk melestarikan kicau burung yang selama ini vakum dan banyak yang di ekspor keluar untuk dijual, karena di Dabo tidak ada pelestarian dalam hal untuk perlombaan,” ungkapnya, disela-sela kegiatan perlombaan di Lanal Dabo Singkep.

Untuk perserta, lanjut Adam, tidak hanya dari Lingga saja, tapi ada juga peserta yang datang dari luar Lingga yaitu, Batam dan Tanjungpinang, karena ini merupakan Open Kepri.

Lettu Laut (P) Adam Muslim, berharap, kegiatan ini akan berkembang dan tidak hanya di Dabo Singkep saja, tapi akan berlanjut. Alhamdulillah, setelah tiga kali kita melaksanakan perlombaan, minat dari peserta kicau mania ini semakin bertambah dan itu diikuti dengan penambahan pasar.

“Perlombaan ini diadakan memang minat dari kicau mania penghobi burung, karena dari setiap minggu kita buat latihan bersama dan ini adalah Latpresnya. Di dalam kegiatan Latpres ini, tentunya kita siapkan hadiah-hadiah yang menarik, dan panitia juga menyiapkan Door prize,” terangnya.

Setelah kita melaksanakan lomba kicau mania ini, tambah Adam, kalau dulu jumlah penjual burung di pasar Dabo Singkep hanya satu, saat ini penjual burung telah bertambah menjadi dua. Sementara burung yang paling banyak dijual di pasar saat ini yakni, burung kelas menengah ke bawah seperti Kenari atau Love bird.

Katanya lagi, untuk harga burung menengah ke bawah cukup terjangkau bagi penghobi burung dengan kisaran harga Rp100 ribu lebih, sementara untuk burung menengah keatas seperti Murai, harganya bisa mencapai Rp 1,5 juta atau lebih di pasar.

“Untuk pemenang masing-masing kelas, juara 1, 2 dan 3, setiap pemenang panitia menyiapkan Uang pembinaan, Piala dan Piagam. Selain itu, dalam perlombaan ini, panitia juga menyiapkan hadiah Door prize,” pungkasnya. (SK-Pus)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan