banner 740x400

banner 740x400

Kopi Menoreh Bawa Yogyakarta Mendunia

Kopi Menoreh Bawa Yogyakarta Mendunia
Kopi Manoreh bawa Yogyakarta mendunia
(Sumber : Okezone.com, Foto: Johan Sompotan)

JAKARTA (SK) — Selama ini orang mengenal kopi di Yogyakarta sebatas kopi jos, ternyata Kota Gudeg ini memiliki kebun kopi. Kopi di Yogyakarta bernama kopi Menoreh.

Kopi Menoreh berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Nama Manoreh diambil dari wilayah kebun kopi yang berada di ketinggian 650 meter. Wilayah tersebut bernama Bukit Menoreh.

Rohmat, salah satu pemilik kebun kopi di Menoreh ini menuturkan bila di Kulon Progo, Yogyakarta memang sangat mendominasi tumbuhan cengkeh, makanya cita rasa kopi Manoreh memiliki aroma dan rasa cengkeh.

“Awalnya di Menoreh dipenuhi tumbuhan cengkeh, apalagi cengkeh menjadi pemasok utama buat penghasilan di Kulon Progo. Masyarakat Kulon Progo pun terus berinovasi untuk mencari penghasilan lainnya, makanya ditanamilah kopi dan ternyata berhasil,” ucapnya, seperti dilaporkan okezone.com.

Sebenarnya, kopi Menoreh sudah sejak jaman Belanda. Bahkan, kopi ini pernahbooming di tahun 1980an. Namun, kurang perdulinya pemerintahan Indonesia di kala itu membuat kopi Manoreh menghilang secara perlahan dan tergantikan oleh pohon Mahoni dan pohon Jati.

“Kopi Menoreh sempat menghilang sehingga ketenaran kopi ini juga mulai menurun, tapi masyarakat mulai menyadari bila menanam pohon manoni dan pohon jati membutuhkan waktu 10 tahun untuk mendapatkan hasil panen. Maka dari itu, mereka mulai menghidupkan kembali kopi,” paparnya.

Untuk menghasilkan kopi di Kulon Progo memang bukan perkara yang gampang, pasalnya untuk masa panen hanya bisa didapatkan dari Juni hingga September. Terlebih, masa panennya hanya berlangsung satu tahun sekali.

Mengingat masa panen yang lama, membuat masyarakat Kulon Progo sangat berhati-hati dalam menghasilkan kopinya. Apalagi, dalam menghidupkan kopi Menoreh masyarakat tak menginginkan pestisida untuk membunuh hama. Mereka lebih memilih untuk mengolah tradisional.

Ternyata, kelezatan kopi Menoreh ini mendapat perhatian turis asing khususnya wilayah Eropa sebut saja Inggris, Amerika, Italia, Jerman, Rusia, Inggris, Turki, Swedia, serta Austria yang kerap menyambangi Kulon Progo hanya untuk mencicipi kopi Menoreh.

“Kopi disini terdapat tiga jenis dimana terdapat kopi arabika, robusta dan lanang. Untuk Arabika memiliki tingkat keasaman yang tinggi, robusta memiliki rasa yang netral. Kopi ini sangat cocok untuk mereka yang baru mengenal kopi, sedangkan Lanang merupakan perpaduan antara Robusta dan Arabika,” tukasnya.(SK-AL/jjs)

Tags: , ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan