banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Lantamal IV Amankan Lima Kapal Asal India

Lantamal IV Amankan Lima Kapal Asal India
Salah satu Kapal asing asal India yang diamankan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang. (Foto : Dispen Lantamal IV)


Lantamal IV Amankan Lima Kapal Asal India

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Belum lama ini, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, menahan lima kapal asing asal India. Lima kapal tersebut adalah MT Agros diawaki 21 orang, MT Pegassus diawaki 22 orang, MT Afra Oak diawaki 16 orang, MV Win Win diawaki 20 orang dan MT Bliss. Khusus MT Bliss, telah dibebaskan dan telah meninggalkan Negara Indonesia.

Penahanan ini karena kapal-kapal tersebut melakukan lego jangkar di perairan Teritorial Indonesia, tanpa ada surat izin dan tidak mengibarkan bendera kebangsaan.

Terkait penahanan ini, Kepala Dispen Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Marinir Saul Jamlaay, menjelaskan bahwa proses hukum terhadap kapal kapal dan para Anak Buah Kapal (ABK) warga Negara India sudah berjalan sesuai dengan peraturan hukum di Indonesia. Hal ini pun, telah diinformasikan media Time of India dan Manomara.

Semua kru yang berada di atas kapal-kapal tersebut hingga saat ini dalam keadaan baik, sedangkan kru yang sakit telah diizinkan untuk meninggalkan kapal, serta kembali ke negara asalnya.

“Karena yang diperiksa hanya Kapten dan Owner kapal tersebut,” jelas Saul Jamlaay, mengutip pernyataan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdulah S.E M.A.P, Selasa, (30/7/2019).

Untuk kapal MT Bliss sudah di P 21 dan penyerahan tahap 2 (dua), serta proses persidangan telah selesai dan kapal tersebut telah meninggalkan Negara Indonesia.

Terkait permohonan pergantian ABK, permohonan berobat dan permohonan lainnya yang diajukan oleh Owner kapal-kapal tersebut, telah direspon dan ditindaklanjuti oleh Lantamal IV.

”Para kru kapal yang berwarganegara India tersebut telah diperlakukan dengan baik, tidak pernah dimasukkan ke dalam bilik tahanan,” katanya. (Wak Zek)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan