banner 740x400

banner 740x400

Menteri Susi Kunker Ke Natuna “INI HARAPAN BUPATI”

Menteri Susi Kunker Ke Natuna “INI HARAPAN BUPATI”
Bupati Natuna, Hamid Rizal, Menteri Susi dan rombongan, Para Tamu Undanga, serta jajaran OPD Kabupaten Natuna, menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Foto : Bernard Simatupang)
– Untuk Tingkatkan Perekonomian dan Tarap Hidup Masyarakat Natuna.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, menyambut baik Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, dalam rangka pemberian bantuan berupa program pengembangan perikanan tangkap, seperti pemberian kapal, sarana penangkapan ikan, dan klaim premi asuransi nelayan, serta peninjauan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Pelabuhan Perikanan Selat Lampa, Natuna, Senin, (07/08/2017) yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Natuna, Hamid Rizal, dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah Provinsi Kepri dengan karakter geografis berbentuk kepulauan, serta memiliki aktivitas perekonomian yang sangat dominan pada sektor kelautan dan perikanan.

Untuk mewujudkan fungsi kawasan bagi peningkatan perekonomian dan tarap hidup masyarakat, khususnya nelayan pesisir, dipandang perlu untuk merumuskan suatu konsep pengembangan daerah, dengan menitik beratkan pada sektor maritim dan pemberdayaan masyarakat nelayan pesisir, yang harus didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana secara optimal.

Sarana dan prasarana tersebut, kata Bupati Hamid Rizal, diantaranya adalah pelabuhan perikanan dan tempat pelelangan ikan yang dapat beroperasi dengan optimal, dan juga ketersediaan ruangan pendingin untuk menjaga keawetan ikan hasil tangkapan.

“Alhamdulillah sudah mulai beroperasi, sehingga masyarakatpun merasa bahagia dan apa yang kita buat, sudah nampak hasilnya,” ujar Hamid Rizal.

Dalam rangka pengembangan usaha perikanan di Natuna, lanjut Hamid Rizal, yang sinergis dengan pengembangan perencanaan kawasan pesisir dan laut, maka terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu, pengembangan perikanan tangkap di wilayah pesisir dan laut dalam, juga pengembangan perikanan tangkap budi daya dan pengelolaan hasil perikanan, serta bidang industri perikanan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, tambah Hamid Rizal, maka dalam rangka pengembangan usaha perikanan, Pemerintah Kaupaten Natuna mengharapkan perlunya percepatan sarana dan prasarana berupa, antara lain, berfungsinya pelabuhan perikanan di Selat Lampa dengan konsep pengembangan SKPT, ketersediaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan, meningkatkan program budi daya laut dan darat.

Selain itu, lanjutnya, meneruskan pree premi asuransi nelayan perikanan tangkap, mengusulkan adanya kuota dan premi asuransi nelayan budi daya, meningkatkan bantuan kapal pengangkut dan kapal tangkap disesuaikan dengan kebutuhan, serta mempercepat proses regulasi pengangkutan ikan Napoleon hasil rencing.

“Untuk mewujudkan tujuan diatas, peningkatan potensi sumber daya kelautan harus dilakukan dengan bentuk pengembangan pengelolaan perikanan secara lebih terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan,” jelas Hamid Rizal.

Oleh karenanya, harap Hamid Rizal, perhatian dari Pemerintah Pusat sangat kami butuhkan, terutama dukungan program kerja untuk mewujudkan potensi perikanan sebagai sumber unggulan pendapatan asli daerah, demi menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih menjanjikan bagi nelayan pesisir khususnya.

“Disamping itu, dengan kegiatan yang dilakukan Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya, karena dapat mendukung percepatan pendapatan nelayan Natuna yang lebih baik, semoga kunjungan Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan beserta jajarannya dapat melihat, mengevaluasi dan menetapkan program strategis untuk mendukung pembangunan Kabupaten Natuna dimasa hadapan,” tutur Bupati Hamid Rizal, mengakhiri sambutannya. (SK-Nard)

 

Tags: , , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan