banner 740x400

banner 740x400

Pasiintel Kodim 0318/Natuna Ikut Tanam Mangrove Bersama Kelompok Tani

Pasiintel Kodim 0318/Natuna Ikut Tanam Mangrove Bersama Kelompok Tani
Pasiintel Kodim 0318/Natuna Ikut Tanam Mangrove Bersama Kelompok Tani Kebun Bibit Rakyat (KBR) "SUKUR JADI" Dusun II, Desa Batu Gajah, di Dusun II, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur. (Foto : Bernard Simatupang)


Pasiintel Kodim 0318/Natuna Ikut Tanam Mangrove Bersama Kelompok Tani

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana, melalui Pasiintel Kodim 0318/Natuna, Kapten Inf Narta, menghadiri acara Penanaman Mangrove yang dilaksanakan Kelompok Tani Kebun Bibit Rakyat (KBR) “SUKUR JADI” Dusun II, Desa Batu Gajah, di Dusun II, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Jumat, (13/9/2019).

Dalam sambutannya, Pasiintel Kodim 0318/Natuna, Kapten Inf Narta, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat terlaksananya penanaman mangrove di Dusun II Desa Batu Gajah, dan apresiasi yang tinggi kepada Kelompok Tani Kebun Bibit Rakyat (KBR) ‘SUKUR JADI’ Dusun II, Desa Batu Gajah, yang telah sungguh-sungguh ikut melesterikan penghijauan melalui penanaman mangrove.

Lebih lanjut, Kapten Narta mengatakan, perlu dipahami bersama bahwa hutan mangrove memiliki banyak manfaat diantaranya, untuk menahan abrasi baik langsung atau tidak langsung yang diakibatkan oleh ombak dan pasang surut air laut.

Dikatakannya, mangrove juga dapat membentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya dari waktu ke waktu akan menumbuhkan garis pantai.

Selain itu, Kapten Narta juga mengingatkan masyarakat Desa Batu Gajah, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan. Terlebih saat ini kondisi alam sedang musim kemarau disertai dengan angin kencang sehingga rentan terjadi kebakaran.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada semua masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan, sebab dimusim kemarau dan angin kencang saat ini rentan terjadinya kebakaran,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove secara simbolis dan diakhiri dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Menjaga Lingkungan dan Melestarikan Hutan Mangrove Desa Batu Gajah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Inf R.Simanjuntak, Perwakilan Batalyon Komposit 1/Gardapati Natuna, Perwakilan dari Koramil 01/Ranai Pelda M Hasibuan, Perwakilan Kecamatan Bunguran Timur, DLHK Provinsi Kepri KPHP Unit V Natuna Tri Susilo Hadi, Pejabat Pungsional Pengendali Dampak Lingkungan Natuna Hazriani, S.Pi, Plt Kepala Desa Batu Gajah, Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Natuna, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Natuna, 30 (tiga puluh) orang personil Angkatan Darat yang terdiri dari Kodim 0318/Natuna dan Batalyon 1/Gardapati Natuna, Kelompok Tani Kebun Bibit Rakyat (KBR) ‘SUKUR JADI’ Dusun II, Desa Batu Gajah, dan para undangan lainnya. (nard)

Click to rate this post!

[Total: 0 Average: 0]

Tags:
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan