banner 740x400

banner 740x400

Penemu Alat Pencegah TBC “TERNYATA ANAK KUNDUR, KABUPATEN KARIMUN”

Penemu Alat Pencegah TBC “TERNYATA ANAK KUNDUR, KABUPATEN KARIMUN”
Mahasiswi Poltekes Tanjungpinang, Wardahtunnajwah Linnobi, Penemu Alat Pencegah TBC. (Foto : Dedi Yanto)

TANJUNGPINANG (SK) — Sungguh tidak disangka, ternyata Mahasiswi Poltekes Tanjungpinang yang menemukan alat pencegah virus TBC yang menjadi Juara I dalam perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG) itu, rupanya berasal dari Sungai Ungar, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun.

Gadis muda yang bernama Wardahtunnajwah Linnobi itu, adalah anak dari Kasturi (Alumni PGA Tanjungpinang, dan ibunya bernama Siti Fatonah, yang diketahui sebagai Kepala TK Pembangunan di Tanjung Batu Kundur, Kabupaten Karimun.

“Bapak saya namanya Kasturi, dan ibu saya bernama Siti Fatonah. Saya asal Sungai Ungar, Tanjung Batu, Karimun,” aku Wardah.

Awalnya, Wardah terinovasi dari pengalamannya, ketika kakeknya yang terkena TBC, melarangnya masuk ke kamar, karena khawatir terjangkit, sehingga Ia terinovasi bagaimana caranya, agar penderita tidak terisolasi dari keluarganya.

“Dengan sinar lampu aroma terapi yang memancarkan sinar Ultraviolet C (UVC), yang di pasang di kamar pesakit, maka bakteri yang berterbangan di sekitar ruangan akan mati, sehingga keluarga yang mengunjungi tidak terjangkit,” ungkap gadis kelahiran tahun 1979 itu, kepada Sijori Kepri, usai acara sosialisasi TTG, di Aula SMKN 1 Tanjungpinang, Selasa (13/12/2016).

Wardah menceritakan bahwa, ia melakukannya sendiri, hanya risetnya dibimbing oleh dosennya. Kemudian dilombakan di Tanjungpinang dan mendapat Juara satu.

“Setelah Juara di Tanjungpinang, kemudian uji laboratorium di Batam, namun untuk Nasional baru mengikuti pamerannya saja, karena kemaren sibuk dan pendaftarannya terbatas,” katanya.

Gadis yang selalu mendapat Juara satu di kelasnya itu mengatakan, tim pengujinya dari LIPI dan Kesbangpol.

‘Tim pengujinya kalau dari Provinsi, yaitu dari LIPI dan Kesbangpol, dan waktu menciptakannya selama dua minggu. Tapi kalau untuk produksi, sehari bisa siap,” paparnya. (SK-MU/C)

 

Tags: ,
banner

banner 740x400

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan