banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Pleno KPU, Syahrul-Rahma “UNGGUL”

Pleno KPU, Syahrul-Rahma “UNGGUL”
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Kota Tanjungpinang Tahun 2018 oleh KPU Kota Tanjungpinang. (Foto : Wak Tung)


Pleno KPU, Syahrul-Rahma “UNGGUL”
– Pilkada Kota Tanjungpinang 2018.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Pada Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU yang baru dilantik, Aswin Nasution, didampingi dua komisioner KPU lainnya, Yoga dan Hj Fauziah Susanti, menghasilkan rekapitulasi. bahwa Paslon Syahrul-Rahma mengungguli Paslon Lis-Maya, dengan selisih suara diatas 2 (dua) persen, yakni 2.399 suara.

Pantauan media ini, sebelum hasil itu diumumkan, terlihat masing-masing Ketua PPK di 4 (empat) Kecamatan membacakan hasil pleno di kecamantan masing-masing, yang dimulai dari Kecamatan Bukit Bestari, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kecamatan Tanjungpinang Barat dan terakhir Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Untuk Kecamatan Bukit Bestari, Syahrul-Rahma memperoleh suara sah 11.201 sedangkan Lis-Maya 10.747, dengan total suara sah 21.948, suara tidak sah 662, sehingga suara sah ditambah tidak sah sebanyak 22.610 suara.

Untuk Kecamatan Tanjungpinang Kota, Paslon Syahrul-Rahma memperoleh suara sah 4.359, sementara Lis-Maya 4.395. Suara sah 8.754, suara tidak sah 223, sehingga suara sah tambah tidak sah 8.977 suara.

Untuk Kecamatan Tanjungpinang Barat, Syahrul-Rahma memperoleh suara sah sebanyak 9.365, sementara Lis-Maya memperoleh 10.298 suara, dengan total suara sah 19.663, suara tidak sah 670, sehingga total suara sah tambah tidak sah 20.333 suara.

Dari rekapitulasi tiga Kecamatan ini, Lis-Maya masih unggul sementara terhadap Paslon Syahrul-Rahma, walaupun tipis. Namun, keunggulan yang sedikit tersebut sirna, setelah Ketua PPK Kecamatan Tanjungpinang Timur membacakan hasil plenonya dengan selisih yang lebih besar dari keungulan Lis-Maya di tiga Kecamatan diatas.

Hal ini dapat difahami, karena di Kecamatan Tanjungpinang Timur merupakan kecamatan terpadat di Kota Tanjungpinang. Adapun Kecamatan Tanjungpinang Timur yang menjadi barometer keunggulan suara tersebut tercatat Paslon 1 Syahrul-Rahma memperoleh 17.634, sedangkan Paslon 2 Lis-Maya memperoleh 14.720 suara.

Dari total keseluruhannya, Paslon 1 Syahrul-Rahma memperoleh suara sah 42.559 suara, dan Paslon 2 Lis-Maya dengan 40.160 suara, sehingga Paslon 1 Syahrul-Rahma unggul dengan selisih 2.399 suara.

Karena dari penyampaian keempat Ketua PPK tersebut tidak ada bantahan, tanggapan maupun protes dari saksi di masing-masing Paslon, maka Ketua KPU Aswin Nasution menyampaikan hasil pleno setelah istirahat masuk waktu Ashar, dan ia mengatakan bahwa Paslon 1 Syahrul-Rahma lebih unggul dari Paslon 2 Lis-Maya.

“Dari hasil pleno ini, Syahrul-Rahma unggul diatas 2 (dua) persen),” kata Aswin.

Selanjutnya Aswin mengatakan, jika belakangan ada gugatan, dipersilahkan dalam tempo waktu 3×24 jam setelah pleno tersebut.

“KPU masih menunggu 3×24 jam setelah pleno ini, apakan ada gugatan di MK atau tidak. Kemudian setelah itu baru kami dapat menetapkan kepala daerah terpilih,” ujarnya.

Masih ditempat yang sama, Sekretaris Kemenangan Paslon Lis-Maya, Rona Andaka, yang sekaligus menjadi saksi pleno menyampaikan ucapan secara pribadi, dan keluarga Lis Darmansyah, serta Keluarga dr Maya Suryanti, dimana mengucapkan syabas, tahniah dan selamat kepada H Syahrul dan Rahma sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang 2018-2023, semoga dapat menjalankan amanah yang diberikan rakyat dengan baik.

“Kini marilah kita mendoakan, agar kepemimpinan terpilih ini dapat menjalankan roda pemerintahan dan program-programnya sesuai norma dan koridor yang berlaku, agar bisa dimanfaatkan masyarakat Tanjungpinang,” ujarnya.

Tampak juga hadir di pleno tersebut, Ketua dan Sekretaris KPU Kepri, Sekretaris KPU Tanjungpinang, Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Pj Walikota Tanjungpinang, Sekda Tanjungpinang, Kajari Tanjungpinang, Dandim 03105/Bintan, Danlanudal, Danwing 2, Ketua Pemenang Paslon 1, Ade Angga, serta pihak terkait lainnya. (wak tung)

 

Tags: , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan