banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Program Percetakan Sawah “AKAN DIBUKA SELUAS 2000 HEKTAR”

Program Percetakan Sawah “AKAN DIBUKA SELUAS 2000 HEKTAR”
Bupati Lingga H Alias Wello memegang beras Jagung Manis, hasil panen sawah Desa Bukit Langkap. (Foto : Sim)
– Di Desa Pangak Darat.

SIJORIKEPRI.COM, LINGGA — Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau yang menjadi tonggak sejarah atas terciptanya lahan baru percetakan sawah di Lingga, yang dibuka pada Maret 2016 lalu, kini terus berkembang dengan munculnya lahan-lahan baru lainnya di Lingga.

Sejak diresmikan oleh Bupati Lingga H Alias Wello pada 2 tahun silam, dan menghasilkan panen perdananya, kini lahir nama-nama daerah yang diproyeksikan dapat mendukung program percetakan sawah untuk pertanian yang akan terus berkembang.

Alias Welo yang akrab di sapa Awe mengatakan, hasil kerja keras itu, sedikitnya dibayar oleh dukungan pemerintah pusat kepada daerah dengan melahirkan daerah SP seperti, Panggak Darat, Nerekeh, Panggak Laut, Resang sebagai lahan sawah pertanian saat ini.

“Memang tidak mudah menimbulkan semangat yang mendalam untuk menjadi petani, karena masyarakat sudah terbiasa dengan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari ke hutan, menebang kayu, mencari rutinitas lainnya,” kata Awe kepada SIJORIKEPRI.COM, Selasa, (10/04/2018).

Namun, seakan tidak mengenal lelah dan kata putus asa, apalagi mudur dari sekelumit permasalahan yang ada, Awe terus bergerak maju, merubah mindset baru yaitu “Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Lingga, 4 Sektor Unggulan, Lingga Terbilang 2020” adalah tekad Awe-Nizar membangun Lingga kedepan.

Nyata, hari baik itu, saat ini, kata Awe, baik pegawai maupun orang tua dan muda-mudi, berbondong-bondong meluangkan waktu untuk turun kesawah.

“Suatu hal yang boleh dikatakan lazim dahulu kalanya, selagi pemimpinya punya optimisme yang tinggi, seperti yang dipesankan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, tidak ada kata yang tidak mungkin,” sebut Awe.

Setelah melalui proses panjang itu, sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa desa Pangak Darat yang lahannya dibuka hampir 130 hektar itu, tahun ini, akan kembali di buka seluas 2000 hektar.

“Dan itu tersebar di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Lingga,” pungkasnya. (Sim)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan