banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Provinsi Khusus “NATUNA – ANAMBAS” Bukan Sekedar “WACANA”

Provinsi Khusus “NATUNA – ANAMBAS” Bukan Sekedar “WACANA”
Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, memperlihatkan Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wilayah Kabupaten Natuna Tahun 2017. (Foto : Bernard Simatupang)
– Bupati Hamid Rizal Sangat Optimis, Bisa Jadi Provinsi.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Dalam beberapa saat usai membuka secara resmi Musrenbang Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2018, di Gedung Sri Serindit, Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, didampingi Sekda Natuna, Wan Siswandi S.Sos, M.Si, mengajak sejumlah Wartawan Natuna ngobrol guna membahas dan menunjukkan keseriusannya memperjuangkan Kabupaten Natuna menjadi Provinsi Khusus Natuna – Anambas, di Ruang Kerjanya, Kantor Bupati Natuna, Jalan Sisi Basisir Bukit Arai, Senin, (12/03/2018), siang.

Dalam pertemuan tersebut, Hamid Rizal, dengan gamblang memaparkan keseriusannya dalam memperjuangkan pembentukan Provinsi Khusus Natuna – Anambas, yang selama ini telah lama dipersiapkannya.

“Ini bukan sekedar wacana, tetapi kita sudah persiapkan semuanya, termasuk kajian akademisnya sudah ada ditangan saya,” ujar Hamid, sembari menunjukkan sebuah buku berwarna biru yang sudah terjilid rapi, dengan bertuliskan “Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wilayah Kabupaten Natuna Tahun 2017”.

Didalamnya buku tersebut, kata Hamid, terkandung Kajian Akhir Pembentukan Provinsi Khusus Natuna – Anambas, yang telah selesai digarap pada tahun 2017, hasil kolaborasi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Langkah berikutnya, sebut Hamid, kita akan segera membentuk Tim Khusus Panitia Pembentukan Provinsi Khusus Natuna – Anambas, yang melibatkan tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat.

Secepatnya, kita juga akan duduk bersama dan berkoordinasi dengan Pemerintah Anambas beserta tokoh masyarakatnya dalam membentuk Panitia Perjuangan Pemekaran Wilayah.

“Jika bisa, sebelum Pilpres, pengajuan kita sudah harus sampai di meja Presiden,” harapnya.

Lebih lanjut, Hamid mengatakan, terkait tujuan digesanya Natuna diangkat statusnya menjadi Provinsi, karena daerah ini merupakan prioritas Pemerintah Pusat dalam pengembangan daerah perbatasan. Selain itu juga, bertujuan untuk mempercepat pembangunan wilayah Natuna dan Anambas.

“Saya sangat optimis, kita bisa jadi Provinsi. Sebab Pak Jokowi melalui Nawacitanya, sangat konsen terhadap percepatan pembangunan di wilayah perbatasan, maka diperlukan status setara dengan daerah lain. Apalagi Natuna digaris depan, dan jadi Provinsi merupakan keharusan bagi kita sebagai pagar perbatasan,” terangnya.

Menurut Hamid, dari segi SDA, Natuna tidak perlu diragukan lagi, semua ada didaerah ini. “Kita punya minyak dan gas, laut yang luas dengan potensi perikanan melimpah lebih komplit dari daerah lain,” ujarnya.

Disisi lain, tambah Bupati, dengan terbentuknya Provinsi akan membuka lapangan kerja baru bagi putra-putri tempatan.

“Anak-anak daerah lulusan sarjana akan punya peluang untuk berkarir di Pemerintahan, sebab akan ada kantor Gubernur, Walikota dan Kabupaten baru. Jadi peluang kerja makin terbuka lebar,” terangnya.

“Untuk itu, saya berharap, dalam momen yang tepat ini, masyarakat harus mempersiapkan diri dan berjuang bersama-sama agar Provinsi yang kita harapkan cepat terwujud,” harapnya.

Natuna saat ini, kata Hamid, menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Pusat. Dengan perhatian itu, maka status Pemerintahan Natuna juga harus khusus tidak lagi sebatas Kabupaten.

Peningkatan status Kabupaten Natuna menjadi Provinsi Khusus Natuna – Anambas memang sudah selayaknya terjadi.

“Selain Natuna sebagai wilayah perbatasan, Natuna juga dijadikan sebagai wilayah pertahanan yang setiap institusinya bakal di pimpin oleh seorang Jenderal berbintang satu,” pungkasnya. (Nard)


Bupati Natuna Hamid Rizal, bersama para awak media

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan