banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Rafiq Resmikan “PASAR RAKYAT MERAL”

Rafiq Resmikan “PASAR RAKYAT MERAL”
Bupati Karimun, H Aunur Rafiq, saat meninjau Pasar Rakyat Meral, Bukit Tembak, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. (Foto : Taufik)

Rafiq Resmikan “PASAR RAKYAT MERAL”

– Senilai Rp 6 Miliar.

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM, KARIMUN — Bupati Karimun, H Aunur Rafiq S.Sos M.Si, menghadiri acara syukuran Pemakaian Pasar Rakyat Meral, Bukit Tembak, sekaligus meresmikan Pasar Rakyat Meral, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, senilai Rp 6 Miliar, Senin, (30/4/2018).

Dalam sambutannya Bupati Karimun, H Aunur Rafiq, mengatakan, dengan adanya pasar yang baru ini, dapat menjadi keberkahan bagi masyarakat guna mendukung ekonomi kemasyarakatan.

Selain itu, lanjutnya, kepada Kadisperindag diharap dapat melakukan terobosan-terobosan baru, sehingga dapat dibangun lagi pasar-pasar yang baru seperti di Teluk Uma dan di Pulau Kundur.

“Kepada Pengelola, ada empat prinsip revitalisasi pasar yang dilakukan. Pertama adalah revitalisasi fisik, yang meliputi perbaikan dan peningkatan kualitas dan kondisi fisik bangunan, tata hijau, sistem penghubung, sistem tanda/reklame dan ruang terbuka kawasan,” kata Rafiq.

Kedua, lanjutnya, revitaliasi manajemen, dimana pasar harus mampu membangun manajemen pengelolaan pasar yang mengatur secara jelas aspek-aspek, seperti, hak dan kewajiban pedagang, tata cara penempatan, pembiayaan, fasilitas-fasilitas yang harus tersedia di pasar, standar operasional prosedur pelayanan pasar.

Ketiga revitalisasi ekonomi, yaitu perbaikan fisik kawasan yang bersifat jangka pendek, untuk mengakomodasi kegiatan ekonomi informal dan formal (local economic development).

Dan yang terakhir, revitalisasi sosial, yaitu menciptakan lingkungan yang menarik dan berdampak positif, serta dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat/warga.

“Dengan adanya pasar yang baru, dapat selalu menjaga kebersihan pasar. Baik pedagang maupun pembeli. Untuk relokasi pedagang yang masih diluar pasar tersebut agar dilakukan dengan cara persuasif dan jangan menggunakan cara-cara kekerasan,” ujarnya

“Terima Kasih kepada Disperindag Kabupaten Karimun yang telah berusaha untuk mendapatkan bantuan dari dana APBN Pusat sebesar Rp 6 Miliar, guna pembangunan pasar ini,” pungkas Rafiq.

Sementara, Kadisperindagkop UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli, dalam laporannya, mengatakan bahwa, pembangunan pasar rakyat ini merupakan bagian dari program Nawacita Presiden RI, yaitu pembangunan pasar rakyat sebanyak 5.000 pasar di seluruh Indonesia.

Untuk mensukseskan program revitalisasi pasar, lanjut Yosli, membutuhkan peran Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai daerah penerima manfaat program revitalisasi sesuai janji Nawacita.

Tanpa peran Pemda sebagai sistem kendali operasi program, revitalisasi bisa terkendala. Peran Pemda penting untuk melakukan pemetaan, pemeliharaan dan pengelolaan, serta pemberdayaan pasar terpadu.

Pasar-pasar yang akan direvitalisasi dengan menggunakan dana tugas pembantuan diberikan mandat oleh Menteri Perdagangan melalui mekanisme penugasan Kementerian kepada Gubernur/Bupati/Walikota.

“Pelaksanaannya dilakukan oleh SKPD yang ditetapkan oleh Gubernur/Bupati/Walikota, yang kemudian mengusulkan Pejabat Pengelola Keuangan Kegiatan Tugas Pembantuan untuk ditetapkan oleh Menteri,” terang Yosli.

Tambahnya, pasar merupakan tempat atau wahana komunikasi dan silaturahmi antara pedagang dan pembeli.

“Jumlah kios di Pasar Rakyat Meral yang baru dibangun, sebanyak 31 unit, jumlah meja atau lapak dagangan sebanyak 175. Sedangkan jumlah pedagang, sebanyak 206 orang pedagang. Diharapkan dengan adanya pasar tersebut, dapat menciptakan lapangan kerja baru dan memenuhi kebutuhan masyarakat disekelilingnya,” harapnya.

Dalam acara Syukuran Pemakaian Pasar dan Peresmian pasar tersebut, tampak hadir, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, perwakilan Lanal TBK Pelda Laut M. Basri, Kapolsek Meral AKP Hadi Sucipto, Kasat Pol PP Kabupaten Karimun Rahman, Anggota DPRD Kabupaten, Nico Fernando, Ketua LAM Abu Samah, FKPD dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Karimun, Pengelola Pasar M Soleh dan tamu undangan. (fik)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan