banner 740x400

banner 740x400

Rapat Penilaian Tahap I Adipura 2018 DLH Lingga “INI HASILNYA”

Rapat Penilaian Tahap I Adipura 2018 DLH Lingga “INI HASILNYA”
Rapat hasil pra pantau penilaian tahap I Adipura 2018, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga. (Foto : Puspandito)

SIJORIKEPRI.COM, DABO SINGKEP — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lingga gelar rapat hasil pra pantau penilaian tahap I Adipura 2018, di Gedung Nasional Dabo Singkep, Kamis, (12/10/2017).

Kepala DLH Kabupaten Lingga, Djunaidi Adjam, mengatakan, sangat optimis karena kriteria penilaian untuk Adipura dari 14 titik pantau yang dijabarkan sebanyak 40 item itu adanya di Dabo Singkep, dan itu sudah siap semua untuk di benahi. Meski tingkat kepedulian, disiplin dan prilaku masyarakat, tidak gampang untuk merubah menjadi lebih baik, tapi kami terus optimis dan berusaha untuk melakukan sosialisasi.

Jelas Djunaidi, sekarang ini kita berusaha bagaimana merubah prilaku masyarakat, untuk bisa disiplin dalam membuang sampah, dan bagaimana berprilaku hidup sehat dan bersih itu tujuan kita. Karena, jika bersih dan sehat tersebut menjadi tujuan, mereka tidak akan berfikir piala atau Adipura, mereka akan berfikir kalau sehat dan bersih kita ini pasti enak, itu yang menjadi sasaran kita disamping untuk meraih Adipura.

“Jumlah sampah rumah tangga yang setiap hari kita ambil tidak kurang 5 ton per harinya, karena setiap hari truk mengangkat sampah ke TPA kemudian ambrol dalam satu hari bisa 2 hingga 3 kali angkat, dan itu belum ditambah dengan kaisar-kaisar yang bergerak keliling pemukiman dan pasar,” ungkapnya, usai rapat hasil pra pantau penilaian tahap I Adipura 2018.

Di Dabo Singkep, lanjut Djunaidi, volume sampah cukup tinggi, untuk itu kita sudah melakukan pemilahan terhadap sampah non organik dan organik tersebut yang kita masukkan ke bank sampah. Jadi, sampah yang kita turunkan di TPA tersebut adalah khusus sampah organik.

Katanya lagi, jika di TPA itu kalau grafik sampahnya naik itu tidak bagus, jadi harus turun. Untuk itu, kita pungsikan bank sampah, setelah sampah tersebut dipilah-pilah baru diantar ke TPA.

“Meski di Dabo Singkep hanya memiliki satu TPA, namun TPA tersebut mampu menampung sampah hingga 30 tahun. Setelah sampah-sampah tersebut diantar ke TPA ditimbun dengan pasir, begitu seterusnya,” pungkasnya. (SK-Pus)

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan