Ribuan Masyarakat Ramaikan Kegiatan Maawuo di Danau Sembat

Ribuan Masyarakat Ramaikan Kegiatan Maawuo di Danau Sembat
Antusiasme Warga mengikuti kegiatan maawuo
Foto: Humas Kampar

KAMPAR (SK) — Ribuan masyarakat dari berbagai kecamatan ikuti acara Maawuo (menangkap ikan) di Danau Larangan Sembat, di Desa Kampar, Kecamatan Kampar Timur Kamis (23/4/2015). Acara yang dijadikan tradisi ini dinilai mampu menggalakkan pariwisata di Kabupaten Kampar.

Maawuo di Danau Sembat ini mendapat perhatian luas masyarakat dari berbagai penjuru Kabupaten Kampar. Jumlah masyarakat yang hadir tidak kalah dengan tradisi maawuo di Danau Bokuok Kecamatan Tambang.

Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Kampar asal Dapil I Suharmi Hasan, Camat Kampar Timur Drs Syamsuriansyah, M.Si serta kepala desa se-Kecamatan Kampar Timur.

Membludaknya masyarakat terlihat sejak Kamis (23/4/2015) pagi. Masyarakat datang dari berbagai kalangan dari yang tua hingga anak-anak. Masyarakat yang datang bukan hanya dari Kecamatan Kampar Timur saja namun juga dari kecamatan tetangga seperti Tambang, Kampar dan ada juga dari Tapung.

Mereka datang dengan menenteng berbagai peralatan yang telah disiapkan seperti pukat atau jaring, jala tangguk dan peralatan lainnya yang bisa digunakan untuk menangkap ikan.

Dari penuturan warga, semenjak dibangunnya Danau Sembat puluhan tahun lalu oleh Pemerintahan Orde Baru kala itu yang bertujuan untuk mengairi sawah masyarakat yang berada di Desa Kampar, Kecamatan Kampar Timur selama itupula Danau Sembat ini tidak pernah dilakukan pencarian ikan secara massal oleh masyarakat setempat.

Seperti diketahui, acara tradisi maawuo di Kabupaten Kampar juga sudah dikenal di Danau Bokuok yang ada di Kecamatan Tambang. Masyarakat Kecamatan Kampar Timur juga ingin tradisi maawuo di Danau Sembat juga bisa terkenal dimana-mana sebagaimana kegiatan maawuo di Danau Bokuok.

Terkait kegiatan ini, Camat Kampar Timur Drs Syamsuriansyah, M.Si menyampaikan, walaupun kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya namun bisa dilihat betapa banyaknya masyarakat yang hadir. “Berarti mereka sangat merespon apa yang digagas bersama saat ini,” ujar Suharmi.

Sementara itu anggota DPRD Kampar Suharmi Hasan minta Pemkab Kampar memasukkan kegiatan ini dalam kalender tahunan kegiatan karena kegiatan menjadi ajang untuk membangkitkan kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Kampar khususnya di Kampar Timur.

Di tambahkan Suharmi, selain nilai budaya juga ada nilai lainnya yang bisa diambil yaitu melalui kegiatan ini masyarakat setempat juga bisa memberikan keuntungan secara ekonomi kepada masyarakat setempat. “Ini terbukti kalau selama ini juga sangat banyak orang berkunjung dan saya lihat masyarakat setempat juga membuat usaha warung yang menjadi tumpuan ekonomi mereka,” imbuhnya.

Sementara itu salah seorang masyarakat dari Tambang Ranto (34) yang sengaja datang untuk mencari ikan mengaku sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. “Ini juga menjadi ajang bagi kami sesama yang suka mencari ikan untuk melepaskan tagih karena di tempat kami danau banyak yang mengering,” ujarnya. (SK-DG)

Tags:
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner 740x400

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan