banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

RSUD Bintan Belum Ada Ruang ICU

RSUD Bintan Belum Ada Ruang ICU
RSUD Bintan Belum Ada Ruang ICU (Foto:DER)

– Pasien Kerap Dirujuk ke Kota

BINTAN (SK) — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan yang belum lama diresmikan oleh Bupati Bintan, Ansar Ahmad, ternyata belum memiliki fasilitas ruang Intensive Care Unit (ICU). Tentunya, hal tersebut menjadi kendala yang cukup serius bagi pihak RSUD terhadap beberapa pasien yang perlu penangan medis secara intensif.

Sehingga, dalam beberapa kasus, pihak RSUD Bintan kerap merujuk beberapa pasien ke beberapa rumah sakit yang ada di Kota Tanjungpinang, seperti RSUP Tanjungpinang, RSUD Tanjungpinang, RS Angkatan Laut Tanjungpinang.

Menurut Kepala Penunjang Medik dan Non Medik RSUD Bintan, Umi Naila, saat ini bangunan untuk ruang ICU masih dalam proses pengerjaan. Sehingga, untuk tahap awal jalannya RSUD Bintan ini belum memiliki fasilitas untuk penanganan medis yang dilakukan secara intensif tersebut.

“Untuk ruangan ICU, saat ini masih dalam pengerjaan. Dalam pengadaan untuk alat-alatnya sudah kita lakukan juga,” tutur Umi ditemui diruang kerjanya, Jum’at (17/4/2015).

Selain ruangan ICU yang belum memadai, beberapa tenaga dokter seperti dokter umum, anastesis, radiologi, ahli bedah, penyakit belum juga belum sepenuhnya ada di RSUD Bintan saat ini. Namun demikian, Umi menjelaskan, kekurangan beberapa tenaga dokter masih bisa ditangani.

Pasalnya, dari pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga memberikan bantuan dengan mendatangkan beberapa dokter ke RSUD Bintan.

“Memang untuk dokter spesialis kita dibantu oleh Kemenkes, namun jumlahnya masih belum memenuhi kuota,” ucapnya lagi.

Selain itu juga, ketersedian untuk obat-obat di RSUD Bintan juga masih bergantung terhadap anggaran yang disubsidi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bintan. Meski demikian, Umi tidak menyebutkan, bahwasanya hal tersebut menjadi faktor kendala yang memberikan dampak cukup besar terhadap pelayanan di RSUD Bintan.

“Untuk ketersedian obat disini, memang kita masih menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Untuk pasien BPJS kita sesuaikan, untuk yang umum kita kasih resep saja, jika tidak ada disini,” sebut Umi menambahkan.

Pantauan dilapangan, beberapa bangunan untuk ruangan di RSUD Bintan saat ini masih dalam tahap proses pengerjaan. Sejauh ini, baru beberapa ruangan seperti ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruangan administrasi RSUD yang baru berfungsi. (SK-DER)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan