banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Ruang Terbuka Publik Batu Lepe Diresmikan

Ruang Terbuka Publik Batu Lepe Diresmikan
Drajat Panjawi Sr, Manager Relations & Security Medco E&P Natuna. (Foto : Rohadi)


Ruang Terbuka Publik Batu Lepe Diresmikan

SIJORIKEPRI.COM, ANAMBAS – Peresmian Batu Lepe sebagai Ruang Terbuka Publik telah diresmikan oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, M Atok Urrahman, di Batu Lepe, Jalan Pasir Merah, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis, (2/5/2019), sekira Pukul 10.00 WIB.

Dengan peresmian ini, masyarakat di Kepulauan Anambas dan para pengunjung bisa menikmati sarana dan fasilitas di Batu Lepe sambil menikmati pemandangan alam yang begitu indah.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, M Atok Urrahman, menyampaikan, bahwa Pembangunan Ruang Terbuka Publik Batu Lepe merupakan bukti nyata komitmen SKK Migas bersama KKKS, dalam hal ini Medco E&P Natuna dan Premier Oil dalam membangun daerah melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM).

“Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat bisa menikmati dan berekreasi, serta menambah daya tarik Kabupaten Anambas dari sektor pariwisata,” katanya.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis, menambahkan, bahwa program pengembangan masyarakat merupakan program yang berasal dari masukan dan usulan Masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“SKK Migas-KKKS mengimplementasikan usulan-usulan masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Musrenbang, sehingga tidak tumpang tindih dan hasilnya benar-benar sesuai harapan masyarakat dan Pemda,” tambahnya.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagut, Evy Yanti, menambahkan, selain pembangunan Ruang Terbuka Publik Batu Lepe, di tahun 2018 SKK Migas bersama KKKS juga melakukan Pelatihan-pelatihan, Budidaya Kerapu, UMKM, Pengembangan Desa Wisata, Program Hidroponik, Pembangunan Drainase, PJUTS dan Konservasi Terumbu Karang.

Ruang Terbuka Publik ini menambah keindahan alam Kepulauan Anambas dengan lukisan beberapa ikon kabupaten yang baru berdiri selama 10 tahun ini.

“Kami mempercayakan pengerjaan mural 3D bernuansa budaya khas Melayu kepada seorang seniman lokal yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya, Deddy Yunizar anak tempatan. Deddy membuat lukisan dinding motif kain batik cual, penari Melayu, dan juga ikan Napoleon,” ucap Senior Manager Relations & Security Medco E&P Natuna, Drajat Panjawi.

“Para pengunjung dapat berswafoto dan mengunggahnya di media sosial sebagai bagian dari promosi taman ini,” lanjutnya.

Sebagai Perusahaan yang peduli terhadap potensi lokal, Medco E&P Natuna terus melakukan upaya positif untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Kegiatan ini merupakan bentuk rangkaian Program Tanggung Jawab Sosial yang terpusat pada empat pilar, yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi, infrastruktur, dan program sosial budaya” sambung Drajat Panjawi.

Dalam Laporan pengguna anggaran yang dialokasikan selama 2 Tahun (dua tahun). Drajat Panjawi, memaparkan, dengan jumlah dengan angka Rp. 2 992.747.000, (dua miliar sembilan ratus sembilan puluh dua ratus tujuh puluh empat puh tujuh ribu rupiah).

Bupati Anambas, Abdul Haris, mengucapkan terima kasih sudah ambil andil menggalakan wisata di wilayah kerjanya. Abdul Haris juga berharap pihak perusahan swasta tetap melanjutkan program CSR di bidang lainnya, salah satu contoh yang sangat mendasar adalah kebutuhan Air bersih di daerah Palmatak, khususnya di Desa Lidi Kecamatan Siantan Tengah.

“Saya rasa, jika perusahaan mampu melakukan pengeboran minyak mentah atau sejenisnya, masak tidak mampu melakukan pengeboren air bersih,” ujarnya, sambil mengucapkan 3 kali kalimat “Air Air Air”, di podium peresmian Batu Lepe.

Ruang terbuka Publik ini dibangun oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Medco E&P Natuna Ltd. dan Premier Oil Natuna Sea BV. Pembangunan taman ini dilaksanakan selama 2 (dua) tahun dengan metode swakelola antara Medco E&P Natuna dan Premier Oil, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (IKAL BPPT) sebagai lembaga nirlaba di Indonesia.

Pembangunan Ruang Terbuka Publik Batu Lepe seluas 612m2 ini, selaras dengan rencana pengembangan pariwisata dan diharapkan akan menjadi ikon pariwisata Kepulauan Anambas.

Peresmian itu turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, M Atok Urrahman, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis, Executive Secretary Komisi Pengawas SKK Migas, Susana Kurniasih, Senior Manager Relations & Security Medco E&P Natuna, Drajat Panjawi, Government Affairs Senior Manager Premier Oil Natuna Sea B.V Buyung H. Satria, M Sahtiar (Sekda KKA), AKBP Jonoto SIK (Kapolres KKA), Danlanal Tarempa diwakili oleh Mayor Laut Budi Darmawan, Peltu Amrul (Plh Danramil 02 Tarempa) M. Bayanullah (Kacabjari Tarempa Natuna), Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya. (Rd)

Tags: , , , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan