banner 740x400

banner 740x400

Saksikan Pameran Temporer Kejayaan Bahari Nusantara

Saksikan Pameran Temporer Kejayaan Bahari Nusantara
Walikota Tanjungpinang, H Syahrul, memukul gong tanda dimulainya Pameran Temporer Kejayaan Bahari Nusantara di Museum SSBA Tanjungpinang. (Foto : Humpro TPI)


Saksikan Pameran Temporer Kejayaan Bahari Nusantara
– Di Museum SSBA Tanjungpinang.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Pameran Temporer, yang menampilkan berbagai macam barang barang koleksi peninggalan atau penemuan dimasa lampau. Kegiatan dilaksanakan di Museum SSBA, Jalan Ketapang Tanjungpinang, Senin, (28/10/2019).

Terkait kegiatan ini, Walikota Tanjungpinang, H Syahrul S.Pd, mengapresiasi Pameran Temporer yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang dan bekerja sama dengan Museum Nasional, serta berbagai Museum di Kepri dan beberapa daerah lainnya.

“Melalui pameran temporer ini, tentunya dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat luas dan berharap ada hal-hal yang mungkin banyak yang orang sudah melupakannya. Di pameran inilah kita coba untuk tampilkan kembali situs-situs sejarah, barang-barang peninggalan masa lampau, dengan harapan semua yang kita sajikan ini dapat membekas di hati para pengunjung,” ujar Syahrul.

Di pameran temporer ini juga ditampilkan replika Cogan yang merupakan barang yang sangat bersejarah.

“Cogan itu ialah hasil duplikat atau replika meskipun bukan asli, namun Cogan yang ditampilkan ini tetap memiliki nilai sejarah kuat dengan Melayu, karena Cogan atau biasa disebut Sirih besar ini merupakan bagian dari regalia atau tanda kerajaan yang berperan penting dan menjadi simbol bagi kerajaan Riau Lingga, Johor dan Pahang dijaman dahulu,” jelas Ayah Syahrul.

Syahrul menambahkan dan berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan minat kunjungan masyarakat ke museum dan peserta didik untuk belajar sejarah, sehingga memiliki rasa bangga dan cinta kepada Daerah, serta tanah air.

“Selama ini, kunjungan peserta didik ke museum cukup tinggi dan Alhamdulillah Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah ini menjadi kategori B. Maka dari itu, mari sama-sama kita ramaikan Museum kebanggaan kita ini, dan diharapkan melalui pameran temporer ini dapat menjadi ajang kunjungan masyarakat umum untuk datang ke museum,” tutup Syahrul.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Drs Surjadi MT, mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 28-31 Oktober 2019.

“Adapun tema yang diangkat, yaitu Kejayaan Bahari Nusantara, dan tentunya juga bekerja sama dengan Museum Nasional Jakarta, Balai arkeologi Medan, Balai Pelestarian Cagar Budaya Batu sangkar, Balai Pelestarian Nilai Budaya Tanjungpinang, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, Museum Sri Serindit Natuna dan Museum Bahari Bintan,” ujar Surjadi.

Surjadi juga berharap, kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang agar dapat memanfaatkan momen langka ini.

“Mari bersama-sama kita datang ke Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Tanjungpinang untuk melihat secara langsung koleksi-koleksi yang ada di museum SSBA ini,” tutup Surjadi. (FD/R)

Click to rate this post!

[Total: 0 Average: 0]

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan