banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Satpol PP dan Satlinmas Natuna “SIAP KAWAL PILKADA SERENTAK”

Satpol PP dan Satlinmas Natuna “SIAP KAWAL PILKADA SERENTAK”
Bupati Natuna, Hamid Rizal, berserta jajaran Satpol PP dan Satlinmas Natuna, serta para undangan lainnya. (Foto : Bernard Simatupang)

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Tahun 2018, adalah tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar Nasional yang akan digelar, yakni Pemilihan Kepala Daerah serentak (Pilkada) dan tahapan Pemilihan Legislatif, serta Pemilihan Presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan.

Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting di tahun politik. Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal dua agenda Nasional tersebut, untuk itu kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, dalam kata sambutannya, sekaligus membacakan amanat Menteri Dalam Negeri pada Upacara 17 hari bulan yang disejalankan dengan HUT Satpol PP Ke 68 dan HUT Satlinmas Ke 56, di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Sisi Basisir, Bukit Arai, Senin, (19/03/2018).

Tema yang diambil pada Hari Jadi Satpol PP Ke 68 dan juga Satlinmas Ke 56 kali ini adalah “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018”.

Tema ini kata Hamid, mengandung arti penting, dimana Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini.

Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

“Sesuai aturan, Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan suara maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” ujar Hamid.

Tugas pokok lainnya, tegas Hamid, ikut membantu dalam kontek tugas sosial, karena di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat, sehingga potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat.

Oleh karenanya, tambahnya, mulai dari sekarang, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi.

“Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya, Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini, dalam menjalankan tugas menjaga dan melindungi masyarakat,” harapnya.

Lanjutnya lagi, Satpol PP dan Satlinmas harus tetap berpedoman pada aturan yang ada. Pedoman yang dimaksud, Peraturan Mendagri No 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

“Maka faktor penting yang harus benar-benar diperhatikan dalam rangka optimalisasi pengawalan pelaksanaan Pilkada adalah, jalinan koordinasi, integritas dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan instansi terkait,” pungkas Hamid.

Acara ditutup dengan rangkaian pertunjukan bela diri Tarung Derajat, serta Simulasi Pengamanan Terhadap Tamu VIP yang dibawakan oleh anggota Satpol PP.

Tampak hadir dalam Kegiatan tersebut, Ketua DPRD Natuna Yusri Pandi, FKPD Natuna, Sekda Natuna Wan Siswandi S.Sos M.Si, Para Asisten, sejumlah pimpinan OPD, berikut jajaran ASN di lingkungan Pemkab Natuna. (Nard)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan